Cara Mengecek Apakah Postingan Blog WordPress Masuk Peringkat di Kata Kunci Yang Tepat

Anda ingin memeriksa apakah postingan WordPress  masuk peringkat dengan kata kunci yang tepat? Kebanyakan pemula secara manual memeriksa peringkat artikel dengan mengetik kata kunci di Google. Cara ini tidak memberi Anda informasi akurat tentang dimana posisi artikel Anda untuk kata kunci target.

Kenapa perlu mengecek peringkat kata kunci untuk postingan WordPress Anda?

Photo credit: Google

Bila Anda mengikuti panduan lengkap SEO WordPress, maka Anda bisa tahu bagaimana mengoptimasi tiap artikel pada website untuk kata kunci spesifik. Ini membantu Anda mendapat lebih banyak traffic ke website.

Kebanyakan pemula merasa cukup mencari di Google untuk melihat apakah postingan muncul untuk kata kunci itu. Mereka biasanya hanya mengecek halaman pertama atau mungkin halaman kedua.

Masalahnya adalah kadang artikel Anda mungkin masuk peringkat di bawah halaman kedua atau yang paling parah bahkan tidak masuk peringkat untuk kata kunci yang Anda inginkan.

Bila Anda mengandalkan cara manual untuk memeriksa peringkat kata kunci Anda, maka Anda kehilangan informasi bermanfaat yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan peringkat SEO dan meningkatkan traffic.

Mari kita lihat cara yang tepat untuk memeriksa peringkat kata kunci untuk postingan blog WordPress:

SEMRush

Photo credit: Google

SEMRush merupakan tool SEO dan tool pencarian kata kunci terbaik di pasaran. SEMRush adalah setelan SEO dengan semua tool bermanfaat yang Anda butuhkan. SEMRush punya tool pencarian organik yang bagus yang bisa menunjukkan peringkat kata kunci untuk nama domain manapun.

Anda tidak perlu mengetik URL untuk artikel individual. SEMRush akan secara otomatis menunjukkan hasil untuk semua URL di nama domain tersebut.

Cukup masukkan nama domain yang Anda ingin cari dan SEMRush akan memberi banyak informasi. Setelah itu, klik tab pencarian organik untuk melihat daftar semua kata kunci yang membuat website Anda masuk peringkat.

Anda bisa menyortir hasil berdasarkan posisi, URL, traffic, dan banyak lagi. Anda bisa juga mengekspor hasilnya ke file CSV dan meriset secara offline menggunakan program spreadsheet.

Anda bisa juga melacak kata kunci spesifik dengan SEMRush, dan mereka akan melacak kata kunci tersebut di dashboard, jadi Anda bisa dengan cepat melihat performanya.

SEMRush bisa melakukan hal serupa pada nama domain mana saja, yang berarti Anda bisa masukkan nama domain kompetitor dan melihat kata kunci mana yang membuat mereka masuk peringkat. Anda bisa juga melihat traffic pencarian berbayar, kata kunci berbayar, dan informasi lain.

Google Search Console

Photo credit: Google

Google Search Console (sebelumnya bernama Webmasters Tools) adalah kumpulan tool yang ditawarkan oleh Google untuk membantu webmaster meningkatkan pencarian website mereka.

Anda bisa lihat performa website di hasil pencarian, click through rate, posisi, dan banyak lagi. Selain itu, Google Search Console memungkinkan Anda mengirim XML sitemap yang membantu Google dalam proses crawling website Anda.

Untuk melihat posisi kata kunci, klik Performance report dan lalu klik skor posisi rata-rata. Search Console mengisi laporan dengan kolom posisi rata-rata. Selanjutnya, Anda perlu gulung ke bawah sedikit untuk melihat daftar penuh kata kunci yang situs Anda di-ranking.

Di samping tiap kata kunci, Anda akan lihat berapa banyak klik yang didapat, impresi, dan posisi di hasil pencarian.

Anda bisa menyortir hasil dengan kolom klik, impresi, dan posisi. Dengan menyortir menggunakan posisi, Anda bisa melihat kata kunci peringkat atas. Ketika Anda menggulung ke bawah, Anda bisa melihat kata kunci yang membuat situs muncul lebih dalam di hasil pencarian. Anda bisa juga mengekspor data ini dan membukanya dengan software spreadsheet.

Ahrefs

Photo credit: Google

Ahrefs adalah tool SEO yang populer bagi para marketer profesional. Penggunaannya mudah dan informasinya mudah dipahami bagi pengguna baru. Cukup masukkan nama domain website di kotak pencarian dan akan terbentuk laporan disertai grafik dan tabel.

Anda akan temukan semua  peringkat kata kunci di bawah laporan organik kata kunci. Di sisi tiap kata kunci, Anda bisa melihat volume pencarian, posisi peringkat kata kunci, kepadatan kata kunci, dan banyak lagi.

Menggunakan peringkat kata kunci untuk mendapat lebih banyak traffic di WordPress

Sekarang Anda telah mengetahui bagaimana mengecek peringkat kata kunci untuk situs WordPress, lalu sekarang bagaimana meningkatkan peringkat Anda?

Menganalisa kata kunci mana yang membutuhkan perbaikan

Photo credit: Google

Penting untuk diingat, tidak semua kata kunci tercipta sama. Misalnya, masuk peringkat 5 di kata kunci dengan traffic tinggi jauh lebih baik dari peringkat 1 untuk kata kunci traffic rendah. Ada aspek tertentu dari data ini yang Anda perlu pertimbangkan.

Misalnya, muncul di posisi pertama mungkin tidak selalu membuat Anda mendapat traffic paling banyak. Anda akan lihat beberapa peringkat traffic kata kunci cukup bagus tapi tidak mendapat klik atau impresi yang signifikan.

Selama pencarian ini, Anda mungkin juga temukan kejutan kata kunci yang Anda tidak sadari masuk peringkat. Bila kata kunci ini punya impresi dan volume pencarian yang signifikan, maka Anda perlu lihat apakah Anda bisa lakukan perubahan strategi pada konten untuk meningkatkan peringkat untuk kata kunci tersebut juga.

Meningkatkan peringkat untuk kata kunci spesifik

Photo credit: Google

Setelah Anda memutuskan kata kunci mana yang akan berhasil, Anda bisa lanjutkan dan lihat artikel mana yang masuk peringkat untuk kata kunci tersebut dan apa yang bisa Anda laukan untuk mengoptimasinya lebih baik.

Beberapa tipsnya:

  • Kepadatan kata kunci. Lihat berapa kali kata kunci muncul di konten Anda. Anda bisa lakukan ini menggunakan plugin Yoast. Cukup masukkan fokus kata kunci di kotak meta SEO dan akan muncul analisa, termasuk kepadatan kata kunci.
  • Informasi usang. Artikel Anda mungkin punya informasi yang ketinggalan zaman. Meng-update-nya dengan informasi yang lebih baru dan meningkatkan konten bisa meningkatkan SEO-nya.
  • Internal linking. Internal link adalah ketika Anda memberi link artikel dari halaman lain pada situs Anda. Memberi link ke artikel yang terkait bisa meningkatkan SEO. Gunakan kata kunci target sebagai anchor text ketika membuat link dari artikel lain ke website Anda.

Mempelajari apa yang pengunjung lakukan di website Anda

Photo credit: Google

SEMRush dan Google Search Console bisa membantu Anda menemukan posisi kata kunci Anda, tapi tidak bisa menunjukkan berapa banyak pengunjung yang datang ke artikel Anda, darimana mereka datang, dan apa yang mereka lakukan ketika mereka ada di website Anda.

Semua informasi ini penting ketika merencanakan strategi kontan untuk masuk peringkat di kata kunci tertentu. Di sinilah pentingnya peran Google Analytics yang bisa menunjukkan jumlah pageview untuk artikel, konten teratas, informasi pengunjung, dan banyak lagi.

Google Analytics bisa terasa sulit untuk pemula, karenanya Anda bisa gunakan MonsterInsights. MonsterInsights merupakan plugin analytic dari Google untuk WordPress yang akan membantu Anda dengan mudah menginstal Google Analytics dan melihat semua laporan di dalam dashboard WordPress Anda.

Tinggalkan komentar