fbpx

Membuat Blog WordPress Menjadi Privat

Baik ketika Anda menggunakan blog untuk kebutuhan komersil atau sebagai cara untuk membagikan momen perjalanan serta pendapat dengan teman dan keluarga, kebanyakan orang menempatkan postingannya untuk publik. 

Google dan mesin pencari lain mengarahkan lebih banyak pengunjung ke situs Anda, yang meningkatkan popularitas artikel Anda dan mungkin mendorong meningkatnya pendapatan dari iklan.

Tapi kadang Anda ingin membuat blog WordPress Anda privat. Bagaimana Anda melakukan ini?  Jawabannya bergantung pada jenis privasi apa yang Anda inginkan.

Kapan dan siapa yang membutuhkan blog privat? 

Photo credit: Google
  • Blog WordPress privat bermanfaat untuk berbagi event keluarga, foto pernikahan, foto bayi, dan sebagainya dengan teman dan keluarga. 
  • Blog privat bisa digunakan sebagai diary atau jurnal pribadi Anda.
  • Kerja team pada projek bisa berkolaborasi di blog privat.
  • Website yang sedang dalam perbaikan dan belum siap untuk dilihat publik.
  • Website kelas bisa dibuat privat dan hanya bisa diakses oleh siswa yang sudah terdaftar.

Membuat postingan individual menjadi privat

Kadang Anda ingin menyimpan kebanyakan konten di website untuk bisa dilihat pengunjung tapi ada postingan individual, video, podcast, atau foto yang Anda ingin jadikan privat.

Photo credit: Google

Ada banyak alasan kenapa orang memutuskan untuk membuat sebuah postingan individual menjadi privat. Mungkin Anda ingin membagikan foto bayi hanya dengan sekelompok orang di kalangan keluarga atau teman. Mungkin Anda ingin membagikan foto dan teks dan tidak ingin atasan atau pihak perusahaan melihatnya.

Mungkin Anda mengerjakan ide untuk perusahaan dan tidak siap membagikannya ke publik. Mungkin Anda guru dan ingin membagikan materi hanya kepada siswa. Atau Anda ingin membagikan beberapa pemikiran pribadi dan Anda tidak ingin seluruh orang membahasnya.

Bila Anda tertarik membuat postingan privat, tapi bukan untuk seluruh blog, ikuti langkah berikut ini:

Membuat postingan yang telah diterbitkan menjadi privat

Bila Anda telah menulis artikel dan telah diterbitkan, Anda tidak bisa melindunginya dari archives tertentu. Tapi Anda bisa mencegah orang dari mengaksesnya di masa mendatang.

Dari dashboard Anda, pilih Posts dan lalu klik All Posts.

Photo credit: Google

Dari sana, Anda akan melihat daftar semua postingan. Untuk yang Anda ingin buat jadi privat, klik pada Quick Edit.

Dari sana, lihat kata Visibility dan ubah pengaturan ke privat. Anda bisa memilih untuk membuat postingan hanya terlihat untuk Anda (serta siapa saja yang menjadi administrator atau editor blog Anda) atau memilih password.

Menulis postingan privat

Bila Anda menulis postingan yang benar-benar baru dan ingin membuatnya privat, lihat pada bagian sudut kanan atas layar. Itu adalah dimana Anda akan melihat pilihan penerbitan dimana tertulis Visibility. Pilih “private” dan lalu tentukan apakah Anda akan menambahkan password.

Photo credit: Google

Catatan: Anda tidak perlu menambahkan password untuk membuat postingan menjadi privat. Bila postingan privat tapi tidak memiliki password, mesin pencari tidak akan mengindeksnya dan hanya Anda dan editor atau administrator lain di blog yang bisa melihatnya. Postingan yang privat dan memiliki password bisa dilihat siapa saja yang memiliki password tersebut.

Membuat seluruh blog WordPress atau situs menjadi privat

Banyak orang memilih pengaturan seluruh blog menjadi privat untuk berbagai alasan.  Baik karena Anda membagikan informasi personal tentang perasaan Anda, ingin membagikan foto dengan memilih grup anggota keluarga dan teman, atau hanya menginginkan tempat untuk mengembangkan pikiran secara privat, akan sangat mudah untuk membuat seluruh blog menjadi privat.

Catatan: Bila blog Anda sebelumnya publik, menyalin atau snapshot blog tersedia di berbagai archives. Tapi setelah Anda membuat blog menjadi privat, mesin pencari seperti Google tidak lagi mengunjungi (atau membuat link ke situs Anda), dan publik umum tidak bisa melihat apapun di situs Anda. Akan butuh beberapa menit untuk pengaturan privasi baru untuk dapat berfungsi.

Untuk membuat seluruh blog privat, ikuti langkah berikut: 

  • Masuk ke dashboard blog
  • Pilih Setting
  • Dari sana, pilih Privacy
  • Anda akan melihat pilihan: Public, Hidden, dan Private. Bila Anda memilih “Hidden”, mesin pencari tidak lagi membuat link ke situs tapi siapa saja yang memiliki alamat blog akan bisa melihat semuanya. Pilih Private untuk membuat blog Anda menjadi privat.
Photo credit: Google

Setelah Anda memilih Private, hanya Anda (dan blog administrator/editor) yang bisa melihat situs. Bila Anda ingin membagikan situs dengan memilih daftar orang, ikuti langkah berikut:

  • Masuk ke dashboard blog
  • Klik pada My Sites
  • Klik pada People dan lalu Add
  • Anda bisa menambahkan email orang atau user name WordPress mereka. Tambahkan informasi orang yang Anda ingin undang untuk masuk ke situs.
  • Tiap orang yang Anda undang ke blog akan menerima peran.

Peran tiap orang akan menentukan apa yang mereka bisa lakukan atau lihat di blog. Dengan asumsi Anda telah membuat blog menjadi privat, berikut ini pilihan berbeda untuk peran ini:

  • Viewer. Orang ini bisa melihat apa saja di blog dan meninggalkan komentar.
  • Administrator. Orang ini bisa mengakses, melihat, dan mengubah apa saja di blog Anda. Tiap administrator yang Anda tambahkan bisa melakukan hampir semuanya, termasuk menghapus blog, jadi pilih administrator baru dengan baik.
  • Editor. Orang ini bisa melihat blog, memberi komentar, dan mengedit semua postingan yang ada di blog, termasuk milik Anda.
  • Author. Author bisa melihat blog, memberi komentar, dan menerbitkan konten baru menggunakan user name WordPress mereka.
  • Contributor. Sama dengan author, contributor bisa melihat blog, memberi komentar, dan menerbitkan konten baru menggunakan user name WordPress mereka. Perbedaan utamanya adalah contributor tidak bisa mengupload media ke situs atau menghapus komentar.

Bila Anda ingin mengubah akses seseorang ke blog, ikuti langkah di atas untuk masuk ke bagian People. Pilih user yang Anda ingin modifikasi, dan lakukan perubahan pada status mereka atau menghapusnya.

Demikian.

Tidak masalah apakah Anda meng-hosting versi WordPress sendiri atau menggunakan blog gratis yang di-host oleh WordPress, semau pilihan di atas tersedia untuk Anda. Dengan klik pada satu tombol, Anda dapat membuat postingan mana saja  atau seluruh blog menjadi privat.

Tinggalkan komentar