Alasan Kenapa Perlu Menggunakan WordPress Untuk Website Anda

Salah satu pertanyaan yang sering kita ajukan: Kenapa saya perlu menggunakan WordPress? Bukankan situs saya yang lama sudah cukup bagus? Kenapa saya perlu beralih dari platform lain ke WordPress? Bila Anda mengajukan pertanyaan ini, maka Anda berada di tempat yang tepat.

Di artikel kali ini, ada beberapa alasan penting kenapa Anda perlu menggunakan WordPress. Ada banyak tipe website berbeda yang bisa Anda ciptakan dengan WordPress serta semakin banyak situs populer yang menggunakan WordPress.

Di artikel kali ini, bila disebut kata WordPress, maka ini merujuk pada WordPress.org atau dikenal juga dengan self-hosted WordPress. Jangan keliru dengan WordPress.com yang merupakan layanan hosting.

Salah satu pemahaman keliru tentang WordPres adalah sebagian menganggap WordPress hanya platform untuk blogging. Tapi sebenarnya tidak demikian. Meski WordPress awalnya adalah tool untuk blogging, tapi WordPress telah berkembang sepanjang tahun menjadi website builder dan content management system (CMS) yang kuat.

Yang plaing baik tentang WordPress adalah penggunaannya yang mudah dan cukup fleksibel untuk website  jenis berbeda. Ini alasan utama kenapa WordPress tumbuh menjadi sangat populer. Menurut survey terbaru, dari semua website di internet, sebanyak 32,3 persen menggunakan WordPress. Karena fiturnya yang kuat, banyak brand besar menggunakan WordPress untuk website mereka.

Berikut ini alasan kenapa Anda perlu gunakan WordPress untuk website Anda:

WordPress gratis

Photo credit: Google

WordPress merupakan software gratis. Ini artinya Anda bebas untuk download, instal, menggunakan, dan memodifikasinya sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa gunakan WordPress untuk menciptakan website apa saja.

Meski software WordPress gratis, Anda perlu nama domain dan web hosting untuk menginstalnya. Nama domain adalah alamat website Anda di internet. Nama domain adalah yang pengguna Anda ketik di alamat browser bar untuk mengakses website Anda, misalnya tutorialwordpresspemula.com.

Web hosting adalah rumah untuk website Anda dimana semua file website disimpan. Anda bisa pilih Bluehost, yang merupakan salah satu perusahaan hosting terbesar di dunia dan secara resmi direkomendasikan sebagai provider hosting WordPress.

Kadang muncul pertanyaan kenapa orang dan perusahaan di balik WordPress tidak menjualnya? Bila WordPress bagus seperti yang banyak orang bilang, maka mereka bisa menghasilkan banyak uang dengan menjualnya. Pernyataan ini masuk akal, bila satu perusahaan atau individu yang memiliki WordPress.

Tapi WordPress adalah komunitas open source dimana puluhan ribu orang berbakat berkontribusi untuk membuat software yang bagus. Ada team utama pengembang yang memimpin perkembangan projek tapi siapa saja bisa berkontribusi, melaporkan bug, menyarankan fitur, dan sebagainya. Selain itu, pemimpin projek bisa mengubah dari satu versi ke yang lain. Bila Anda terlibat di komunitas ini maka Anda bisa dengan mudah menjadi kontributor WordPress.

Satu pemahaman keliru tentang WordPress, karena gratis, maka kualitasnya buruk. Pemula bertanya-tanya, kenapa pengembang bekerja keras untuk menghasilkan software gratis?

WordPress tidak dikembangkan oleh hanya satu orang atau team kecil. WordPress dikembangkan oleh ribuan pengembang dan digunakan oleh jutaan website. Kodenya open source untuk bisa dibaca oleh siapa saja diperiksa kualitasnya. Ini kenapa WordPress populer dan jadi software CMS terdepan di dunia. WordPress digunakan oleh brand besar termasuk CNN, Microsoft, Adobe, The New York Times, dan banyak lagi.

Penyesuaian tema dan plugin WordPress mudah

Photo credit: Google

Banyak orang yang menggunakan WordPress bukanlah web designer ataupun programmer. Bahkan sebagian orang mulai menggunakan WordPress tanpa pengetahuan awal tentang mendesain website.

Bagi kelompok orang seperti ini, WordPress adalah solusi tepat karena ada ribuan tema website gratis yang bisa Anda pilih. Ada tema yang tepat untuk tiap jenis website, baik blog, situs bisnis, atau toko online.

Tema WordPress mudah disesuaikan karena banyak yang disertai panel pilihan sendiri yang memungkinkan Anda mengubah warna, mengupload logo, mengubah background, menciptakan slider cantik, dan menyesuaikannya dengan kebutuhan tanpa menulis kode apapun.

Anda bisa juga menambahkan fungsi tambahan ke situs WordPress dengan menggunakan plugin. Plugin WordPress seperti aplikasi untuk website yang bisa Anda gunakan untuk menambahkan fitur seperti analytic, formulir kontak, area keanggotaan, dan banyak lagi.

Seperti tema, ada ribuan plugin gratis dan premium yang tersedia untuk Anda gunakan.  Selain menambahkan fungsi ekstra, beberapa plugin WordPress bisa membantu Anda mengubah website menjadi platform yang benar-benar baru.

WordPress yang SEO friendly

Photo credit: Google

WordPress ditulis menggunakan kode penyesuaian standar berkualitas tinggi dan menghasilkan markup semantik. Ini membuat Google dan mesin pencari lainnya menyukai WordPress.

Ini juga yang menyebabkan kenapa situs WordPress cenderung punya peringkat lebih tinggi dibanding yang lain di mesin pencari. Dari segi desain, WordPress sangat SEO friendly. Anda bisa juga gunakan plugin SEO WordPresss untuk lebih jauh mengoptimasi website.

WordPress mudah pengaturannya

Photo credit: Google

WordPress dilengkapi dengan sistem manajemen update. Ini membuat Anda bisa update plugin dan tema dari dashboard admin WordPress. WordPress juga memberi notifikasi ketika ada versi baru WordPress, jadi Anda bisa update situs dengan cukup mengklik tombolnya.

Untuk melindungi data dari insiden atau hack, Anda bisa dengan mudah menggunakan plugin backup WordPress untuk secara otomatis membackup dan menyimpannya dengan aman di lokasi yang jauh. Anda bisa juga mengatur situs WordPress menggunakan aplikasi mobile WordPress.

WordPress aman

Photo credit: Google

WordPress dikembangkan dengan aman, dan dianggap platform yang sangat aman untuk menjalankan website. Tapi, seperti di dunia nyata, internet bisa jadi tempat yang tidak pasti.

Ada penyusup di luar sana yang ingin merusak website sebanyak mungkin. Untuk melindungi situs WordPress Anda, ada beberapa langkah sederhana yang bisa Anda lakukan untuk membuatnya lebih aman.

WordPress bisa digunakan pada berbagai tipe media

WordPress tidak hanya terbatas pada menulis teks. WordPress juga dilengkapi media uploader untuk mengatur gambar, audio, dan file video.

WordPress memungkinkan Anda meng-embed video YouTUbe, foto instagram, serta Tweet  dengan hanya menempel URL di post editor WordPress.

Untuk apa saja WordPress digunakan?

Photo credit: Google

WordPress bisa digunakan di banyak cara, mulai dari website sederhana hingga marketplace ecommerce, dan lainnya. Berikut ini hanya beberapa contoh berbagai website yang bisa Anda buat dengan WordPress:

–          memulai blog

–          membuat website bisnis

–          memulai toko online

–          membangun website keanggotaan

–          menjual kursus online.

Tinggalkan komentar