Cara Menambahkan Kata Kunci dan Meta Deskripsi di WordPress

Anda ingin menambahkan kata kunci dan meta deskripsi di WordPress? Meta kata kunci dan meta deskripsi membuat Anda meningkatkan SEO website. Di artikel kali ini, kami akan menunjukkan bagaimana cara yang tepat menambahkan meta kata kunci dan meta deskripsi di WordPress.

Kenapa menambahkan kata kunci dan meta deskripsi di WordPress?

Photo credit: Google

Kata kunci dan deskripsi membuat Anda memberitahu lebih banyak ke mesin pencari tentang konten di postingan dan halaman Anda.

Kata kunci adalah kata atau frase penting yang kemungkinan orang cari bila mereka mencari konten yang Anda terbitkan. Meta deskripsi adalah penjelasan singkat tentang apa isi halaman atau postingan Anda.

Meta kata kunci dan deskripsi sebenarnya adalah meta tag HTML dan berada di header website Anda. Plugin SEO WordPress membuat Anda bisa dengan mudah menambahkannya dari admin area WordPress untuk tiap postingan dan halaman pada website Anda.

Seberapa penting meta kata kunci dan deskripsi untuk SEO?

Photo credit: Google

Mesin pencari tidak secara pasti memberitahu berapa banyak beban yang ada pada kata kunci dan deskripsi. Tapi cukup jelas kalau keduanya penting dan bisa membuat Anda masuk peringkat lebih baik.

Beberapa ahli SEO meyakini kalau kata kunci tidak penting sama sekali. Bahkan Google mengatakan kalau mereka tidak menganggap penting meta kata kunci. Tapi, ahli SEO lainnya tidak sepakat dan menyarankan pengguna untuk tetap menambahkan meta kata kunci.

Sebaliknya, deskripsi meta sangat penting karena Anda bisa menggunakannya untuk menarik perhatian pengguna.

Karakteristik meta deskripsi yang baik

Tiap meta deskripsi artikel perlu mencakup hal berikut ini:

Setidaknya terdiri dari 155 karakter atau lebih

Photo credit: Google

Tidak ada panjang yang pasti, bergantung pesan yang ingin Anda sampaikan. Tapi Anda perlu gunakan area yang ada untuk menyampaikan pesan, tapi buat singkat saja.

Sering kali Google mengubah panjangnya. Sekarang, Anda akan lihat meta deskripsi hingga 155 karakter, ada juga hingga 300 karakter. Setidaknya coba masukkan informasi penting di 155 karakter pertama dari meta deskripsi Anda.

Ditulis dalam kalimat aktif

Bila Anda menganggap meta deskripsi sebagai undangan ke halaman website, Anda tidak bisa gunakan deskripsi yang membosankan dan orang tidak tahu apa yang akan didapat.

Mengandung kata kunci fokus

Bila pencarian kata kunci cocok dengan sebagian teks di meta deskripsi, Google akan lebih mungkin menggunakan meta deskripsi dan meng-highlight-nya di hasil pencarian. Ini akan membuat link ke situs Anda jadi lebih menarik.

Cocok dengan konten

Ini penting. Google akan tahu jika meta deskripsi menipu pengunjung untuk mengklik dan bahkan memberi penalti ke situs yang melakukan ini. Tapi selain itu, deskripsi yang menipu akan meningkatkan tingkat bounce rate. Ini berakibat buruk untuk Anda. Anda perlu pastikan meta deskripsi cocok dengan konten.

Unik

Meski judul halaman bervariasi, semua halaman akan terlihat sama karena semua deskripsi sama. Bila Anda ingin menciptakan meta deskripsi duplikat, lebih baik biarkan deskripsi kosong. Google akan memilih snippet dari halaman yang mengandung kata kunci yang digunakan pada permintaan.

Mari kita lihat betapa mudahnya menambahkan kata kunci dan meta deskripsi di WordPress dengan menggunakan plugin Yoast SEO.

Mengaktifkan support meta kata kunci di Yoast SEO

Yoast SEO dilengkapi dengan support built-in untuk meta deskripsi dan kata kunci. Tapi fitur meta kata kunci dimatikan sebagai default.

Pertama Anda perlu mengaktifkannya agar bisa menggunakan meta kata kunci di situs WordPress Anda. Anda mulai dengan mengunjungi halaman SEO > Dashboard dan lalu klik di tab “features.”

Photo credit: Google

Sekarang Anda perlu klik “enabled” di bawah halaman “Advanced setting pages” dan lalu klik simpan perubahan halaman untuk menyimpan perubahan Anda.

Halaman pengaturan Yoast SEO kini akan me-reload dan Anda bisa melihat lebih banyak pilihan di bawah menu SEO.

Pilih halaman SEO > Titles & Meta dan lalu klik pada “Other’ tab”.

Photo credit: Google

Sekarang Anda perlu klik “enabled” di bawah “gunakan meta tag kata kunci?” Pilih dan klik tombol simpan perubahan.

Anda telah berhasil mengaktifkan support meta kata kunci di plugin Yoast SEO untuk WordPress. Sekarang Anda bisa tambahkan meta kata kunci pada postingan dan halaman.

Kata kunci dan deskripsi untuk postingan atau halaman WordPress

Pertama Anda perlu mengedit postingan atau halaman dimana Anda ingin menambahkan kata kunci dan meta deskripsi. Gulung (scrol) ke bawah ke judul “Yoast SEO meta box” di bawah post editor.

Anda akan lihat judul situs dan secara otomatis mengarahkan deskripsi sebagai snippet. Berikut ini apa yang Anda lihat di bagian meta keyword.

Photo credit: Google

Anda perlu masukkan kata kunci, dipisah oleh tanda baca koma. Jangan gunakan lebih dari 10 kata kunci atau frase.

Pastikan Anda hanya menggunakan kata kunci yang relevan dengan konten dan Anda telah menggunakan kata kunci atau frase tersebut di dalam artikel.

Sekarang Anda perlu klik tombol “edit snippet” dan masuk ke deskripsi situs. Ini akan mengubah preview snippet menjadi area yang bisa diedit.

Photo credit: Google

Pastikan Anda menggunakan kata kunci utama setidaknya satu kali dalam deskripsi.

Setelah itu klik tombol “close snippet editor” bila Anda sudah selesai. Anda akan bisa melihat deskripsi custom dari preview snippet.

Dan Anda berhasil menambahkan meta kata kunci dan deskripsi ke postingan WordPress. Sekarang Anda bisa menyimpan atau menerbitkan postingan atau halaman.

Menambahkan kata kunci dan meta deskripsi untuk homepage

Anda bisa juga menambahkan kata kunci dan deskripsi untuk homepage situs di WordPress. Berikut cara menggunakannya dengan  yoast SEO plugin.

Pilih halaman SEO > Titles & Meta dan lalu klik pada tab “Homepage.” Di sini Anda bisa menambahkan judul custom, meta deskripsi, dan kata kunci untuk homepage situs Anda.

Photo credit: Google

Jangan lupa klik tombol menyimpan perubahan untuk menyimpan pengaturan Anda.

Meta kata kunci dan deskripsi untuk category archives

Anda bisa juga menambahkan kata kunci dan deskripsi di halaman archive category dan tag.

Pertama Anda perlu mengunjungi Post> halaman Category. Bawa mouse ke kategori yang Anda inginkan dan lalu klik link “Edit.”

Photo credit: Google

Ini akan membawa Anda ke kategori halaman editor dimana Anda perlu scroll ke Yoast SEO meta box.

Sekarang Anda perlu klik tombol edit snippet untuk memastikan deskripsi di kategori yang sesuai.

Setelah itu Anda perlu klik tombol setting untuk memasukkan meta kata kunci yang digunakan untuk kategori khusus di halaman archive.

Jangan lupa klik tombol update untuk menyimpan pengaturan Anda.

Anda bisa ulangi proses ini untuk menambahkan kata kunci dan deskripsi di tag dan archive custom taxonomy lainnya.

Tinggalkan komentar