Apa Itu Akismet dan Kenapa Anda Perlu Menggunakannya?

Tiap instalasi WordPress disertai oleh dua plugin pre-install, salah satunya adalah Akismet, yang merupakan salah satu dari daftar plugin yang harus ada di WordPress Anda. Meski Akismet sudah pre-installed tapi tidak secara default diaktifkan.

Anda perlu lakukan beberapa langkah untuk mengaktifkannya. Kali ini kita akan mencari tahu tentang apa itu Akismet dan kenapa Anda perlu mulai segera menggunakannya. Ada juga cara mengatur Akismet di situs WordPress Anda.

Apa yang dimaksud Akismet?

Photo credit: Google

Akismet adalah layanan filtering untuk komentar spam. Nama Akismet berasal dari Auttomatic dan Kismet. Auttomatic adalah perusahaan di balik Akismet, dan ditemukan oleh co-founder WordPress bernama Matt Mullenweg.

Akismet mencari spam dari komentar blog dan pingback menggunakan algoritma mereka. Algoritma mengetahui hal ini dari tindakan yang dilakukan oleh peserta website. Misalnya, ketika sejumlah website mulai melaporkan konten yang mirip spam, maka Akismet akan belajar mengidentifikasi konten tersebut sebagai spam. Hingga Juni 2013, Akismet telah menangkap lebih dari 83 milyar komentar spam.

Kenapa Anda perlu gunakan Akismet?

Photo credit: Google

Di website yang populer, jumlah komentar spam bisa mencapai 85 persen. Ini berarti tiap 100 komentar hanya ada 15 komentar yang sah. Memoderasi komentar adalah tugas yang memakan waktu dan Akismet bisa membantu Anda menghemat waktu. Akismet akan menangkap komentar spam sebelum mendarat di antrian moderasi sebagai pending. Ini membuat Anda bisa memfokuskan energi untuk memoderasi komentar oleh pengguna asli.

Kritik pengguna tentang Akismet

Photo credit: Google

Dulu banyak pengguna mengkritik Akismet karena memberi false positive. False positives artinya komentar yang sah yang ditandai sebagai spam oleh Akismet. Ini bisa terjadi karena berbagai sebab. Salah satu penyebab yang paling umum adalah bila komentar pengguna ditandai sebagai spam oleh sejumlah blog, maka Akismet akan menandai semua komentar oleh pengguna itu sebagai spam. Seperti platform otomatis lain, Akismet juga tidak sempurna, tapi ini yang terbaik yang bisa digunakan.

Bagaimana cara mengetahui komentar Anda dideteksi sebagai spam?

Photo credit: Google

Bila komentar Anda ditandai sebagai spam oleh Akismet, maka Anda tidak akan melihat notifikasi menunggu moderasi seperti yang biasanya terjadi. Bila Anda mengirim komentar ke sebuah situs, dan Anda tidak melihat teks komentar Anda bersama notifikasi yang mengatakan menunggu moderasi, maka Anda bisa segera menghubungi administrator situs. Mereka bisa membantu menarik komentar Anda dari kotak spam, dan Akismet akan mengetahui kesalahan ini.

Cara pengaturan Akismet di WordPress

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah masuk ke Plugin dan aktifkan Akismet. Saat aktivasi, Akismet menambah sebuah item menu baru di Plugin > Akismet Configuration.

Photo credit: Google

Klik Akismet Configuration untuk membawa Anda ke layar Akismet Configuration. Di halaman ini, Anda akan diminta memasukkan Akismet API Key. Biarkan halaman ini terbuka dan buka jendela browser baru. Kita akan kembali ke halaman ini setelah membuat API Key untuk Akismet.

Cara mendapat API key untuk Akismet

Untuk mengatur Akismet di website, Anda membutuhkan API key. Masuk ke website Akismet dan klik pada tombol “Get a WordPress Key.”

Ini akan membawa Anda ke halaman plans and Pricing Akismet. Akismet gratis untuk situs non bisnis dan personal. Untuk website bisnis, ada paket berbeda. Pilih pilihan yang sesuai untuk Anda. Apapun yang Anda pilih, langkahnya sama. Klik tombol sign up untuk melanjutkan.

Photo credit: Google

Klik sign up untuk membawa Anda ke layar dimana Anda akan diminta untuk sign up dengan WordPress.com. WordPress.com adalah layanan hosing blog oleh Automattic, perusahaan yang sama yang membawa Akismet. Tapi WordPress.com tidak sama dengan website self hosted WordPress. org. Anda bisa buat akun WordPress.com tanpa menciptakan blog. Klik sign up dengan memilih tombol WordPress.com untuk melanjutkan. Ini akan membuka jendela dengan formulir sign up sederhana.

Photo credit: Google

Bila Anda tidak punya akun WordPress.com, maka isi detailnya dan buat satu akun.

Setelah otentikasi dengan WordPress.com selesai, Anda akan dibawa kembali ke website Akismet. Di sana Anda akan diminta mengisi detail bersama dengan informasi pembayaran. Bila Anda memilih yang gratis, maka cukup pilih jumlah $0.

Klik tombol lanjutkan dan Anda akan dibawa ke layar yang menunjukkan API key. Anda juga akan menerima email dari Akismet berisi API key Anda.

Photo credit: Google

Ingat, API key seperti password. Jangan bagikan ke siapapun. Untuk berjaga kehilangan atau lupa API key, Anda bisa kunjungi Akismet.com dan klik tombol sign in untuk mengakses halaman akun Anda. Setelah sign in Anda akan melihat API key Akismet yang tersembunyi. Klik pada link Reveal untuk menampilkan API key Anda.

Photo credit: Google

Menggunakan API key Akismet di WordPress

Salin API key Akismet dan kembali ke area admin website WordPress Anda. Masuk ke Plugin > Akismet Configuration dan tempel API key. Pilihan lainnya di layar sifatnya optional. Setelah Anda klik tombol Update Option, Akismet akan memverifikasi API key Anda dan menunjukkan pesan berhasil.

Photo credit: Google

Menunjukkan status Akismet pada situs Anda

Setelah log in ke website WordPress Anda, Anda akan lihat tampilan status Akismet. Ini akan menunjukkan ke Anda jumlah komentar spam yang tertangkap oleh Akismet, dan berapa banyak di antrian spam saat ini. Anda sangat dianjurkan untuk sesekali melihat antrian spam agar Anda tidak melewatkan komentar sah yang terhapus tanpa sengaja.

Photo credit: Google

Ada tampilan detail status Akismet di bawah Dashboard > Akismet Stats. Klik untuk melihat statistik detail komentar spam pada website Anda. Anda bisa juga melihat jumlah komentar spam yang ditangkap oleh Akismet sejak Anda mengaktifkannya.

Bila Anda ingin menampilkan jumlah komentar spam yang Akismet tangkap di website Anda, maka Anda bisa gunakan widget Akismet. Masuk ke Appearance > Widgets, tarik dan geser widget Akismet ke sidebar.

Semoga artikel ini membantu Anda mengatur Akismet di website, mendapat API key Akismet, dan mengetahui kenapa Akismet penting.

Komentar spam jadi masalah besar yang dihadapi banyak situs WordPress. Ketika situs semakin berkembang, Anda akan merasa perlu pilihan lain selain Akismet untuk menurunkan jumlah spam. Misalnya, Anda bisa memblokir komentar spam di WordPress dengan honeypot.

Tinggalkan komentar