fbpx

Panduan Memulai Blog WordPress

Anda ingin segera memulai blog WordPress? Memulai blog bisa terasa sulit, terutama bila ini pengalaman pertama Anda. Tapi Anda tidak sendirian. Di sini Anda bisa dapatkan panduan tentang bagaimana memulai blog WordPress tanpa pengetahuan teknis. Dan prosesnya mudah diikuti.

Apa yang Anda butuhkan untuk memulai blog WordPress?

Photo credit: Google

 

Ada tiga hal yang Anda butuhkan untuk menciptakan blog WordPress:

  • Nama domain (ini akan jadi nama blog Anda)
  • Akun web hosting ( ini tempat dimana website Anda akan berada di internet)
  • Perhatian Anda selama 30 menit.

Kesalahan paling besar yang pemula lakukan ketika membangun blog adalah memilih platform blogging yang salah. Sebanyak 95 persen pengguna memilih WordPress.org atau WordPress self-hosted. Karena gratis, Anda bisa instal plugin, menyesuaikan desain, dan yang paling penting menghasilkan uang dari situs.

Anda mungkin penasaran kenapa WordPress gratis. Karena Anda harus lakukan pengaturan dan host sendiri. Dengan kata lain, Anda butuh nama domain  dan web hosting.

Nama domain adalah apa yang orang ketik untuk masuk ke website Anda. Ini adalah alamat website Anda di internet. Web hosting adalah tempat website Anda tinggal. Ini adalah rumah untuk website Anda di internet. Tiap website butuh web hosting.

Membuat postingan blog pertama

Photo credit: Google

Untuk menulis postingan blog pertama, klik menu Post > Add New pada dashboard WordPress. Anda akan lihat area editor dimana Anda bisa menulis postingan blog pertama.

Setelah Anda selesai menulis, silahkan klik  tombol Publish di kanan untuk menerbitkan postingan blog pertama. Pada layar postingan, Anda akan lihat beberapa bagian lain seperti Categories dan Tag. Anda bisa gunakan keduanya untuk mengatur postingan blog.

Penggunaan plugin dan customization

Setelah Anda selesai menulis potongan blog pertama, Anda bisa tambahkan elemen lain di website seperti form kontak, galeri, atau lainnya. Untuk menambahkan semua fitur tambahan ini, Anda perlu gunakan plugin. Plugin WordPress adalah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk menambah fitur baru di website.

Ada lebih dari 55.000 plugin WordPress yang tersedia gratis di WordPress plugin directory. Ini berarti apapun yang Anda inginkan, ada plugin yang bisa digunakan.

Pada beberapa kasus, WordPress hosting provider punya batasan file yang membatasi kemampuan Anda untuk menginstal plugin dari admin area. Di situasi ini, Anda bisa instal plugin secara manual menggunakan FTP

Pertama Anda perlu download file plugin. Lalu ekstrak zip file-nya di komputer Anda.

Mengekstrak plugin zip file akan menciptakan folder baru dengan nama yang sama. Folder ini yang Anda perlu secara manual upload ke website menggunakan FTP client. Anda perlu mengakses host melalui FTP manager. Bila Anda tidak punya username dan password FTP, maka tanyakan ke provider hosting WordPress Anda.

Photo credit: Google

Buka FTP client di komputer dan hubungkan ke website menggunakan login credential yang disediakan oleh web host. Setelah terhubung, Anda perlu akses /wp-content/plugins/

Selanjutnya, upload folder yang telah Anda ekstrak dari zip file ke folder /wp-content/plugins/ di server web. Setelah meng-upload file, Anda perlu kunjungi admin area WordPress dan klik link plugin di admin menu.

Anda akan lihat plugin telah berhasil terinstal di halaman plugin.

Anda perlu klik di link aktivasi di bawah plugin. Ketika mengaktifkan, Anda butuh konfigurasi pengaturan plugin. Plugin WordPress punya pengaturan sendiri yang berbeda-beda.

Pengaturan Google Analytics Tracking

Google Analytic membantu Anda melihat berapa banyak orang yang berkunjung ke blog, dari mana mereka berasal, dan apa yang mereka lakukan di website Anda.

Sebaiknya instal Google Analytic ketika memulai blog, jadi Anda bisa lihat seberapa banyak perkembangan blog Anda.

Pertama Anda perlu kunjungi website Google Analytic dan sign in menggunakan akun Gmail. Setelah Anda log in, Anda bisa langsung sign up untuk mendapat akun Google Analytic secara gratis.

Anda akan diminta menyediakan informasi dan website URL. Setelah itu, Anda akan mendapat Google Analytic tracking code. Anda bisa berhenti di sini karena kita akan menggunakan plugin untuk secara otomatis mengambil dan menambahkan kode ini ke dalam blog.

Photo credit: Google

Anda bisa beralih ke admin area WordPress untuk menginstal dan mengaktifkan plugin MonsterInsights. Ini merupakan versi gratis dari plugin Google analytic terbaik untuk WordPress, dan cara paling mudah untuk menambahkan Google Analytic di website Anda.

Saat aktivasi, Anda perlu kunjungi halaman Insight > Setting untuk konfigurasi pengaturan plugin.

Di halaman pengaturan, klik tombol ‘Authenticate with your Google account’ untuk menghubungkan Google Analytic ke situs WordPress Anda.

Ikuti instruksi pada layar untuk menyelesaikan pengaturan. Setelah selesai, Anda bisa lihat laporan analytic langsung dari dashboard WordPress di bawah tab MonsterInsights.

Cara mengoptimasi blog WordPress untuk SEO

kebanyakan pemula tidak mengoptimasi SEO ketika menciptakan blog. SEO atau search engine optimization membantu pengguna menemukan blog Anda di mesin pencari. Bila Anda ingig lebih banyak traffic, maka Anda harus mengoptimasi blog untuk SEO sejak awal.

Untuk memulainya, Anda perlu instal dan aktifkan plugin Yoast SEO. Ini adalah plugin SEO WordPress lengkap yang akan membantu Anda mengoptimasi blog.

Photo credit: Google

Saat aktivasi, Anda bisa lihat menu baru bertuliskan “SEO.” Klik untuk membawa Anda ke halaman pengaturan plugin.

Ada banyak plugin WordPress yang bisa Anda instal. Sering kali pemula merasa kesulitan untuk mencari plugin yang mereka butuhkan.

Berikut ini beberapa plugin WordPress yang perlu Anda pertimbangkan:

  • Untuk backup, UpdraftPlus adalah plugin backup terbaik. Anda perlu punya backup website secara teratur untuk berjaga dari hal yang tidak diinginkan.
  • Untuk keamanan, Anda bisa pilih Sucuri Security sebagai scanner keamanan gratis untuk WordPress.
  • Untuk performa, Anda bisa gunakan WP Super Cache untuk mempercepat WordPress.

Menghasilkan uang dari blog

Photo credit: Google

Setelah menciptakan blog dan mengaturnya, Anda mungkin ingin tahu tentang menghasilkan uang dari blog.

Sebenarnya ada banyak cara untuk menghasilkan uang dari blog. Tapi tidak ada cara yang cepat dan instan.

Google AdSense bisa jadi cara Anda untuk menghasilkan uang dari blog. Banyak blogger menghasilkan uang dengan menunjukkan iklan di blog mereka. Bila Anda membuat blog dengan tujuan monetisasi, maka Google AdSense jadi pilihan tepat.

Google AdSense merupakan platform iklan untuk blogger dan publisher dan bertindak sebagai penengah antara Anda dan pengiklan. Google membolehkan pengiklan menentukan kata kunci yang cocok dengan konten Anda.

 

Tinggalkan komentar