fbpx

Mengubah Situs WordPress Menjadi Jejaring Media Sosial

Tahukah Anda kalau Anda bisa mengubah situs WordPress menjadi jejaring media sosial? Jejaring sosial WordPress membantu pengguna untuk sign up, saling terhubung, memposting pesan, dan banyak lagi. 

Di artikel kali ini, kita akan mengetahui cara mengubah situs WordPress Anda menjadi jejaring sosial.

Mulai mengubah situs WordPress menjadi jejaring sosial

WordPress merupakan platform yang paling mudah digunakan untuk membangun jejaring sosial menggunakan plugin BuddyPress. Plugin ini sangat fleksibel dan terintegrasi dengan cantik dengan berbagai jenis website WordPress.

Photo credit: Google

Anda akan membutuhkan website self-hosted WordPress.org untuk mulai menggunakan BuddyPress.

Apa yang dimaksud BuddyPress?
BuddyPress adalah projek dari WordPress.org. BuddyPress tersedia sebagai plugin WordPress gratis yang Anda bisa instal di website.

Plugin mengubah situs WordPress menjadi jejaring media sosial yang membantu Anda membangun komunitas online Anda sendiri. Berikut ini fitur yang biasanya ada pada website yang menggunakan BuddyPress:

  • Pengguna bisa melakukan pendaftaran di website Anda
  • Pengguna bisa menciptakan profil pengguna 
  • Anda bisa menciptakan sub-komunitas dengan kelompok pengguna
  • Pengguna bisa saling add sebagai teman
  • Pengguna bisa saling mengirim pesan pribadi 
  • Fungsionalitas BuddyPress bisa diperluas menjadi plugin pihak ketiga
  • Bisa diatur dengan situs WordPress yang ada.

Pengaturan jejaring sosial WordPress menggunakan BuddyPress

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin BuddyPress. Setelah aktivasi Anda perlu kunjungi halaman Settings>>BuddyPress untuk konfigurasi pengaturan plugin.

Photo credit: Google

Halaman setting terbagi menjadi bagian berbeda. Anda pertama akan melihat halaman komponen yang menunjukkan ke Anda komponen BuddyPress yang sedang aktif di situs Anda.

Komponen default akan berhasil pada kebanyakan website. Tapi Anda bisa mengaktifkan atau menonaktifkan sebuah komponen dengan hanya mencentang atau tidak mencentang kotak di sebelahnya.

Jangan lupa klik pada tombol pengaturan save untuk menyimpan perubahan Anda.

Selanjutnya, Anda perlu klik pada tab Pages. Di sini Anda bisa memilih halaman yang Anda ingin gunakan untuk bagian BuddyPress yang berada di situs Anda.

Secara default, plugin akan secara otomatis menciptakan halaman untuk Anda. Anda bisa mengubahnya dan menggunakan halaman berbeda bila Anda menginginkannya.

Bila Anda tidak melihat pilihan untuk memilih halaman registrasi dan aktivasi, maka Anda perlu mengaktifkan registrasi pengguna di situs WordPress Anda.

Sekarang, Anda perlu beralih ke tab “Options”.

Photo credit: Google

Di sini Anda akan temukan pengaturan berbeda yang Anda bisa matikan atau nyalakan di BuddyPress. Pengaturan default akan berhasil pada kebanyakan website, tapi Anda bisa mereview dan mengubah sesuai kebutuhan.

Menampilkan halaman BuddyPress pada website

Bila Anda mengunjungi website setelah mengatur BuddyPress, Anda tidak akan melihat apapun yang baru di situs. Untuk mengubah ini, Anda perlu menambahkan halaman BuddyPress ke menu navigasi WordPress. Anda perlu menuju halaman Appearance>>Menu. Pilih halaman BuddyPress dari kolom kiri dan klik pada tombol add to menu.

Photo credit: Google

Jangan lupa untuk mengklik pada tombol save menu untuk menyimpan perubahan.

Anda sekarang bisa kunjungi website untuk melihat link bekerja.

Klik pada link untuk membawa Anda ke halaman BuddyPress. Misalnya, aktivitas link akan menunjukkan ke Anda apa yang sedang terjadi di jejaring media sosial BuddyPress. Anda bisa juga memposting status dari halaman ini.

BuddyPress bisa berhasil pada semua tema WordPress standar. BuddyPress juga memiliki template sendiri untuk digunakan jika tema Anda tidak memiliki template BuddyPress spesifik. 

Mengatur jejaring sosial WordPress di BuddyPress

Membangun komunitas online membutuhkan banyak partisipasi aktif oleh admin situs. Anda ingin membasmi spam dan memoderasi konten dari pengguna.

Bila Anda sudah menggunakan Akismet, maka BuddyPress akan menggunakannya untuk menangkap spam. Tapi beberapa konten yang tidak diinginkan mungkin masih bisa lolos.

BuddyPress memiliki tool built-in untuk mengatasi hal ini.

Photo credit: Google

Anda bisa menuju halaman Activity di admin area WordPress, dan Anda akan melihat aktivitas terbaru pada website dengan tindakan berbeda.

Anda bisa menyortir item aktivitas berdasarkan tindakan, item yang dihapus, atau tandai sebagai spam.

Begitu juga, Anda bisa masuk ke halaman Users untuk mengatur akun pengguna. Anda bisa menghapus pengguna, mengedit profilnya, atau menandai akun mencurigakan sebagai spam.

Photo credit: Google

Anda bisa mengatur pengguna baru dengan mengunjungi halaman manage signup. Ini membantu Anda secara langsung mengaktivasi pengguna baru, mengirim ulang email aktivasi, atau menghapus akun spam.

Menciptakan dan mengatur grup di BuddyPress

BuddyPress membantu Anda dan pengguna menciptakan grup. Grup ini bertindak sebagai sub-komunitas di website. Tiap grup bisa memiliki anggota sendiri. Pengguna bisa bergabung di grup ini, mengundang pengguna lain, memposting pesan, dan banyak lagi.

Untuk menciptakan grup baru, Anda bisa menuju halaman Groups dan klik pada tombol add new pada bagian atas.

Photo credit: Google

Ini  akan membawa Anda ke halaman add new group. Pertama Anda perlu menyediakan nama dan deskripsi untuk grup Anda. Setelah itu, klik pada tombol Create group and continue untuk melanjutkan.

Di halaman selanjutnya, Anda bisa memilih pengaturan privasi dan siapa yang bisa mengundang pengguna lain ke grup. BuddyPress membantu Anda menciptakan grup publik, privat, atau tersembunyi.

Grup publik memungkinkan semua pengguna untuk bergabung.

Grup privat terdaftar di direktori grup, tapi pengguna harus meminta bergabung. Bila disetujui, maka mereka bisa melihat kontennya.

Grup tersembunyi hanya bisa dilihat oleh anggota yang jadi bagian dari grup tersebut. Grup ini tidak terdaftar di direktori grup dan tidak muncul di hasil pencarian. Setelah pengaturan pilihan privasi, klik pada tombol next untuk melanjutkan. 

Photo credit: Google

Sekarang Anda bisa sediakan foto untuk digunakan sebagai profil foto grup. Selanjutnya, Anda perlu tambahkan cover photo untuk grup dan klik pada tombol next.

Terakhir, Anda bisa undang pengguna lain untuk bergabung di grup. Anda hanya bisa mengundang pengguna yang Anda tambahkan sebagai teman. Bila Anda belum menambahkan teman manapun, maka Anda harus menunggu pengguna menemukan grup dan bergabung dengan sendirinya.

Klik pada tombol finish dan BuddyPress sekarang akan mengatur grup. Pengguna bisa melihat grup dengan mengunjungi halaman grup di situs yang menunjukkan direktori grup di website Anda.

Mengklik pada nama grup akan menunjukkan halaman grup dimana pengguna bisa bergabung di grup, memposting update, dan mengikuti aktivitas grup.

Mengatur email notifikasi

Email notifikasi jadi satu-satunya cara situs BuddyPress bisa memberitahu pengguna tentang aktivitas baru di jejaring sosial. Untuk mendorong partisipasi pengguna, Anda mungkin ingin menyesuaikan pesan pada email.

BuddyPress membantu Anda memodifikasi notifikasi email yang terkirim dengan jejaring media sosial WordPress.

Photo credit: Google

Ini membantu Anda mengganti pesan untuk mencocokkannya dengan branding situs.

Anda bisa kunjungi halaman Email untuk melihat daftar notifikasi email default. Anda akan melihat judul email, dan situasi dimana email dikirim ke pengguna.

Anda bisa klik pada tombol Add New pada bagian atas untuk menciptakan notifikasi email baru. Anda bisa juga klik pada tombol edit di bawah pesan email untuk mengubahnya.

Terakhir, Anda bisa juga menggunakan email customizer untuk memodifikasi warna email, header, dan area footer.

Tinggalkan komentar