fbpx

Cara Mengoptimasi Postingan Blog WordPress

Sering kita melihat pemula menginstal dan mengaktifkan plugin SEO, tapi mereka tidak pernah menggunakannya dengan benar. Kebanyakan mereka tidak tahu bagaimana cara menggunakannya.

Yang akan kita bicarakan adalah tentang meta data SEO seperti judul dan deskripsi meta.

Dengan menggunakan fungsi SEO dengan tepat pada tiap postingan, Anda bisa meningkatkan peringkat pencarian. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimasi postingan blog, jadi postingan Anda bisa berada di peringkat lebih baik di hasil pencarian.

Di tips SEO WordPress untuk pemula ini, akan kita lihat bagaimana cara tepat menggunakan fungsi SEO di postingan WordPress.

Yang kita gunakan kali ini adalah plugin SEO WordPress by Yoast untuk mengoptimasi postingan blog.

Memilih focus keyword

Photo credit: Google

Sebuah focus keyword adalah kata kunci utama yang Anda harap orang akan cari dan temukan di postingan Anda. Bila blog adalah niche yang kompetitif, maka kemungkinan Anda akan berkompetisi dengan banyak publikasi untuk kata kunci yang populer.

Di situasi seperti ini, Anda bisa mendapat lebih banyak traffic organik dengan menggunakan kata kunci long tail.

Yang harus selalu Anda ingat, audiens Anda adalah manusia, bukan mesin pencari. Orang tidak hanya mengetik satu kata kunci di mesin pencari, tapi mereka juga menggunakan frase. Focus keyword Anda bisa berupa frase.

WordPress SEO by Yoast membantu Anda memilih focus keyword untuk tiap postingan. Juga membantu Anda menemukan kata kunci yang serupa ketika Anda mengetik focus keyword.

Setelah Anda memilih focus keyword untuk postingan, SEO WordPress akan menunjukkan berapa kali Anda telah menggunakan kata kunci di area berbeda pada postingan.

Menulis judul postingan yang SEO friendly

Photo credit: Google

Judul postingan yang SEO friendly adalah yang bisa dibaca manusia, mengandung focus keyword, dan batasnya 70 karakter. Judul postingan juga harus menarik. Ketika halaman Anda muncul di hasil pencarian, pengguna akan memutuskan apakah mereka mengklik berdasarkan judul SEO dan deskripsi pada pencarian snippet.

Bagian deskripsi bisa berubah karena mesin pencari menampilkan bagian paling relevan dari artikel Anda. Tapi judul akan tetap sama. Pastikan judul SEO menjelaskan dengan pasti apa yang orang dapat bila mereka mengklik link.

Dan sederhanakan judul, bukan menggunakan kata-kata yang panjang. Coba sesuatu yang ringkas dan padat. Judul tidak hanya harus menarik, tapi juga mengandung kata kunci yang tepat yang orang akan cari.

SEO meta deskripsi pada postingan

Photo credit: Google

Beberapa ahli SEO meyakini kalau meta deskripsi tag pada halaman sudah tidak relevan. Tapi banyak yang tidak sepakat dengan pendapat ini. Anda sebaiknya tetap menggunakan meta deskripsi untuk semua postingan.

Meta deskripsi yang baik bisa menjelaskan tentang sebuah artikel. Meta deskripsi juga muncul di situs media sosial seperti Facebook, Google+, dan di Twitter melalui Twitter Cards.

Karena sekarang Anda tahu kalau orang akan membaca deskripsi meta, Anda harus pastikan kalau deskripsi meta yang Anda buat bermanfaat. Anda juga perlu pastikan kalau Anda setidaknya menyebutkan focus keyword di deskripsi meta untuk tujuan pencarian.

Batas karakter untuk deskripsi meta adalah 155 karakter. Coba ikuti batasan ini atau deskripsi meta akan terpotong setelah 155 karakter. Coba gunakan focus keyword di awal deskripsi meta, bukan di akhir.

Penggunaan categories dan tags

Photo credit: Google

Categories dan tags membantu Anda menyortir konten tidak hanya untuk pembaca, tapi untuk diri sendiri dan mesin pencari.  Pikirkan website seperti buku. Categories adalah daftar isi dan tags adalah bagian indeks dari buku.

Biasakan membuat internal link

Photo credit: Google

Setelah melakukan aktivitas blog untuk beberapa lama, Anda akan punya cukup konten yang bisa orang baca. Dengan menggunakan internal link Anda bisa kirim pembaca baru untuk melihat postingan Anda yang lebih lama yang relevan.

Internal link adalah cara tepat untuk mengambangkan konteks antara postingan lama dan baru. WordPress memungkinkan Anda mencari postingan lama di dalam post editor. Tekan tombol link di post editor dan klik pada “Or link to existing content”.

Ini akan membuka kotak pencarian. Cari postingan lama yang Anda ingin buat link-nya dan akan muncul hasil ketika Anda mengetik. Pilih postingan yanga Anda ingin buat link-nya dan tekan tombol “add link.”

Tiap postingan yang Anda terbitkan di website punya potensi untuk meningkatkan traffic mesin pencari dengan menambahkan meta data ke postingan, menulis headline yang bagus, dan membuat link untuk artikel lama. Anda akan mulai melihat peningkatan traffic pencarian.

Menulis untuk manusia

Photo credit: Google

Anda harus menulis untuk audiens manusia, bukan mesin pencari. Selain membosankan membaca frase kata kunci yang sama sebanyak 10 kali dalam postingan berisi 500 kata, mesin pencari juga akan memberi penalti karena berlebihan menggunakan kata kunci.

Selain masalah itu, Anda perlu memahami kalau orang membaca dengan cara berbeda antara teks online dan membaca publikasi cetak. Bahkan kadang mereka tidak benar-benar membaca, tapi mereka melakukan “scan.” Jadi buat postingan yang mudah untuk orang yang hanya punya waktu 5 menit untuk membaca.

Anda pernah melihat tampilan dengan teks panjang? Apakah mudah bagi mata Anda membaca dari satu baris ke baris selanjutnya atau Anda abaikan postingan karena Anda tidak bisa fokus?

Langkah tepat yang bisa Anda terapkan:

  • Gunakan bulleted list, header, dan paragraf pendek
  • Buat paragraf terdiri dari 3  atau 4 baris
  • Gunakan bold, italic, dan bentuk lain untuk menekankan kata atau frase penting.

Sebagai kesimpulan, optimasi postingan blog tidak hanya menerapkan teknik untuk membuat postingan masuk peringkat atas halaman hasil pencarian. Tapi juga membantu pengguna Anda, yakni orang yang jadi target tulisan Anda sejak awal.

Blog adalah sesuatu yang besar untuk bisnis. Banyak website di dunia menggunakan WordPress. Ada banyak perusahaan besar maupun kecil yang menggunakan WordPress.

Di market kompetitif seperti ini, Anda perlu pastikan Anda telah melakukan yang sebaik mungkin untuk menciptakan dan mengoptimasi postingan blog yang menerapkan tiap praktik optimasi.

Juga ingat, algoritma mesin pencari selalu berubah. Karenanya selalu update tentang perubahan yang bisa berdampak pada praktik blogging Anda agar Anda bisa selalu masuk peringkat atas.

Tinggalkan komentar