Cara Menambahkan Postingan Baru di WordPress dan Memanfaatkan Fitur-fiturnya

Meski sebagian menganggap menambahkan postingan baru di WordPress cukup mudah, banyak pemula yang masih mengalami kesulitan. Jadi pada artikel kali ini, kami akan menunjukkan seperti apa tiap fitur di layar penambahan postingan baru pada WordPress agar Anda bisa memanfaatkannya dengan sebaik mungkin.

Kotak judul dan konten

Photo credit: Google

Kotak judul dan konten adalah area yang paling terlihat di layar penambahan postingan baru. Yang Anda lihat mungkin terlihat sedikit berbeda, bergantung apakah Anda menggunakan visual editor atau text editor.

Anda bisa berganti antara visual editor dan text editor ketika menulis postingan, tapi ini bisa membuat format postingan Anda jadi berantakan.

Visual editor adalah text editor yang lebih nyaman untuk pemula dengan tombol format dan layout visual di area konten. Sebaliknya, di text editor Anda bisa lihat HTML atau menulis HTML Anda sendiri.

Area teks pertama di bagian atas adalah tempat Anda menambahkan judul postingan. Bila Anda menggunakan struktur URL yang SEO friendly, maka WordPress akan menunjukkan URL postingan berdasarkan judul. Anda bisa mengedit URL dengan mengklik tombol edit.

Area konten adalah tempat Anda akan menulis postingan. Anda bisa gunakan pilihan formatting dari toolbar atau menggunakan shortcut pada keyboard yang akan mempercepat proses penulisan.

Di area footer dari konten editor, WordPress akan menunjukkan jumlah kata pada postingan Anda. Ketika menulis, WordPress akan secara otomatis menyimpan draft postingan ini. Penyimpanan otomatis ini tersimpan di database sementara WordPress.

Setelah Anda menyimpan draft atau menulis lebih banyak konten, WordPress akan membersihkan draft sementara yang tersimpan dan menggantinya dengan yang baru. Proses ini memastikan Anda tidak kehilangan konten karena masalah koneksi internet atau hardware. Post editor menunjukkan draft terbaru dan status autosave di footer di sebelah jumlah kata.

Menambahkan gambar dan media

Photo credit: Google

Di antara judul dan area konten, ada tombol besar bertuliskan Add Media. Anda perlu klik tombol ini ketika ingin mengupload gambar atau media lain ke postingan WordPress. Ini akan memunculkan media uploader di layar baru.

Cukup klik dan pilih file untuk mengupload gambar atau media lain ke situs WordPress Anda. Anda bisa juga buat galeri gambar dan playlist audio dari file yang diupload.

Pilihan penerbitan

Photo credit: Google

Layar post edit pada WordPress dibagi menjadi dua kolom. Kolom di kiri berisi judul postingan dan content editor. Di sisi kanan Anda punya kota meta untuk konfigurasi pengaturan postingan.

Di atas kotak meta adalah kolom Publish. Di sini terdapat semua pilihan penerbitan untuk postingan yang bisa Anda atur.

  • Tombol Save Draft menyimpan draft postingan atau halaman yang sedang Anda kerjakan WordPress, juga secara otomatis menyimpan postingan ketika Anda menulisnya.
  • Tombol preview menunjukkan tampilan postingan. Anda bisa menggunakannya untuk melihat bagaimana postingan akan terlihat setelah diterbitkan.
  • Status memungkinkan Anda mengatur status postingan. WordPress secara otomatis menentukan status postingan untuk draft atau postingan yang telah terbit. Kecuali Anda menggunakan plugin untuk menambahkan status custom, Anda tidak perlu cemas tentang pilihan ini.
  • Klik pada edit link di sebelah visibility untuk melihatnya lebih jelas. Pilihan pertama di bawah visibility memungkinkan Anda membuat postingan terus ada di halaman depan. Sticky post di WordPress seperti fitur konten yang ditampilkan di bagian atas dari semua postingan lain.
  • Pilihan next memungkinkan Anda membuat password untuk melindungi postingan di WordPress.
  • Pilihan ketiga di bawah visibility adalah labeled private. Ini memungkinkan Anda secara privat menerbitkan postingan di situs WordPresss. Postingan privat akan terlihat ke pengguna yang punya kewenangan mengedit di situs Anda.
  • Klik pada edit link di sebelah Publish, dan WordPress akan menampilkan waktu dan tanggal pilihan. Anda bisa gunakan pilihan ini untuk menjadwalkan postingan atau menciptakan postingan dengan tanggal di WordPress.
  • Pilihan Move to trash membuat Anda bisa menghapus postingan WordPress. Postingan yang dihapus berada di trash dan Anda bisa mengambilnya kembali bila Anda membutuhkannya dalam waktu 30 hari.
  • Yang terakhir tombol publish yang membuat postingan WordPress bisa dilihat publik. Ingat, bila Anda menjadwalkan postingan, maka ini akan muncul pada scheduled date and time.

Menambahkan kategori dan tag

Photo credit: Google

Anda bisa menyortir postingan berdasarkan kategori dan tag. Kotak categories and tags biasanya muncul di kolom sebelah kanan, di bawah kotak publish.

Kategori dan tag membantu Anda mengatur konten di format yang mudah dicari. Pengguna tidak hanya bisa mudah menemukan konten Anda, tapi juga meningkatkan SEO situs.

Feature image

Photo credit: Google

Kebanyakan tema WordPress mendukung featured image atau post thumbnail untuk artikel. Biasanya ini kotak terakhir di sisi kanan pada layar post edit.

Klik untuk  mengatur link featured image dan akan memunculkan media uploader. Anda bisa pilih gambar dari yang sebelumnya di-upload atau upload gambar baru dari komputer.

Pilihan layar

Photo credit: Google

Beberapa pilihan layar post edit berada tersembunyi untuk memberi tampilan lebih simpel dan lebih bersih. Pilihan ini biasanya tidak digunakan oleh pemula. Tapi mungkin Anda akan membutuhkannya nanti.

Cukup klik tombol screen option pada sudut kanan atas halaman. Ini akan menunjukkan menu dengan centang di sebelah nama pilihan.

Sebagian pilihan sudah dicentang. Yang lainnya bisa Anda tambahkan dengan mengklik kotak di sebelah nama pilihan dan akan muncul di halaman post edit Anda.

Berikut ini beberapa pilihan dan fungsinya:

Excerpts

Photo credit: Google

Mencentang kotak ini akan menambahkan kotak di bawah content editor Anda. Anda bisa gunakan kotak ini untuk menambahkan ringkasan singkat dari postingan Anda.

Idealnya Anda perlu tunjukkan rangkuman postingan di halaman depan situs dan archives. Konten penuh hanya ditampilkan di halaman postingan.

Send Trackbacks

Photo credit: Google

Pilihan Send Trackbacks membuat Anda memberitahu pemilik blog lain kalau Anda telah membuat link ke konten mereka. Bila pemilik blog lain menjalankan WordPress, maka Anda tidak perlu mengirim trackbacks. Situs WordPress Anda akan secara otomatis mengirim ping ke mereka ketika Anda menerbitkan postingan.

Fitur trackback sering disalah-gunakan oleh spammer sehingga banyak pemilik situs menon-aktifkan-nya.

Discussion

Photo credit: Google

Meski komentar jadi cara bagus untuk dekat dengan audiens, kadang Anda tidak ingin ada komentar di postingan atau halaman tertentu.

Pilihan discussion menampilkan kotak di bawah post editor untuk mengaktifkan atau menonaktifkan komentar dan pingback untuk postingan Anda.

Tinggalkan komentar