Cara Menambahkan Featured Image Atau Post Thumbnail di WordPress

Featured images juga dikenal dengan post thumbnail, merupakan fitur populer pada tema WordPress. Saat ini kebanyakan tema fotografi, tema restoran, dan tipe tema lain di WordPress punya support built in untuk postingan thumbnail.

Kali ini kami akan tunjukkan bagaimana cara menambahkan featured image atau post thumbnail di WordPress.

Anda mungkin bertanya kenapa kita menggunakan featured image dan post thumbnail untuk arti yang sama. Ketika fitur ini pertama kali diperkenalkan di WordPress 2.9, namanya post thumbnail. Tapi di versi berikutnya namanya diubah menjadi featured image.

Kenapa Anda membutuhkan featured image pada tiap postingan?

Photo credit: Google

Featured image di WordPress kadang mudah terlupakan, tapi tidak berarti Anda menganggapnya remeh. Menggunakan featured image yang berkualitas dan di style yang konsisten memberi banyak manfaat.

Ini juga akan segera meningkatkan tampilan blog, memberi tampilan yang lebih profesional dengan featured image yang konsisten dan tampilan seragam.

Featured image juga bisa membantu pengguna baru menemukan dan mengetahui bisnis Anda. Karena gambar ini dibagikan di media sosial, punya tampilan yang mudah dibedakan untuk featured image bisa membantu membangun brand awareness dan rekognisi di saluran seperti media sosial dan Medium.

Pengguna akan mulai mengingat tampilannya dan mengenalinya sebagai milik Anda, ini mendorong lebih banyak klik pengguna yang sudah follow Anda dan membantu menarik pengguna baru. Seiring waktu, ini bisa membangun loyalitas pembaca.

Bila Anda menambahkan  Alt Text pada featured image, Anda bisa mendapat peningkatan SEO. Tempatkan kata kunci sebagai Alt Text ketika mengupload gambar untuk mendapat manfaat ini.

Berapa ukuran yang perlu saya gunakan untuk featured image?

Photo credit: Google

Blog berbeda, atau tema berbeda, bisa punya featured image dengan ukuran berbeda pula. Di WordPress, Anda bisa mengubah dan menyesuaikan pengaturan gambar untuk jenis gambar berbeda menjadi ukuran yang sesuai.

Bila Anda ke Setting dan lalu ke Media, Anda bisa mengatur spesifikasi gambar berbeda untuk blog Anda.

Ukuran thumbnail memungkinkan Anda menentukan lebar dan tinggi gambar tertentu untuk semua gambar thumbnail. Setelah gambar di ukuran yang sesuai, gambar Anda sebenarnya akan di-crop. Karenanya mengukur featured image dengan tepat ke ukuran thumbnail akan mencegah masalah cropping yang tidak tepat.

Panduan untuk featured image untuk pemula

Feature image atau post thumbnail adalah fiture tema. Cara mudah untuk mengetahui tema support featured image adalah dengan masuk ke post editor. Buat postingan baru dan lihat ke bagian bawah untuk melihat apakah ada meta box dengan nama featured image di sisi kanan layar.

Photo credit: Google

Menambahkan post thumbnail atau featured image di WordPress

Untuk menambahkan featured image di postingan WordPress, cukup klik link “set featured image” di dalam meta box featured image yang terlihat di tampilan di atas.

Langkah ini akan membuka WordPress media uploader. Anda bisa menggunakannya untuk mengupload gambar dari komputer atau menggunakan gambar yang ada dari media library Anda. Setelah Anda memilih gambar, cukup klik pada tombol “Set featured image.”

Photo credit: Google

Gambar akan muncul di kotak meta featured image, seperti ini:

Photo credit: Google

Penting untuk diperhatikan kalau gambar bisa muncul sedikit berbeda di tema Anda. Ini semua bergantung pada bagaimana tema Anda menerima featured image.

Beberapa tema majalah menggunakan thumbnail lebih kecil bersama dengan ringkasan postingan di halaman utama, dan versi lebih besar di tampilan postingan.

Bergantung pengaturan tema, featured image Anda akan secara otomatis muncul di postingan. Tapi ada cara mengubah bagaimana tema Anda menerima featured image dan post thumbnail.

Penjelasan di bawah ini akan membutuhkan pengetahuan tentang coding.

Panduan pengembang tema untuk featured image dan post thumbnail di WordPress

Meski featured image adalah fitur populer yang didukung oleh banyak tema, kemungkinan Anda masih menggunakan tema yang tidak mendukung featured image. Di kasus ini, Anda bisa tambahkan featured image support ke tema. Bila Anda nyaman mengedit file tema dan tahu caranya, maka silahkan saja.

Untuk menambahkan featured image support di tema WordPress, Anda perlu tambahkan garis kode berikut pada theme’s function.php file:

1 add_theme_support( ‘post-thumbnails’ );

Kode ini memungkinaan men-support featured image untuk postingan dan halaman. Anda sekarang bisa masuk ke postingan atau halaman, dan Anda akan lihat featured image pilihan yang diaktifkan. Ketika Anda mengatur featured image, tidak akan secara otomatis tampil di tema WordPress. Untuk menampilkan featured image di tema, Anda perlu mengedit template dan tambahkan garis kode berikut di tempat Anda ingin menampilkan featured image:

1 <?php the_post_thumbnail(); ?>

File yang Anda tambahkan kode di atas akan bervariasi berdasarkan tema. Anda mungkin menambahkan kode di dalam post loop.

Kode di atas adalah fungsi dasar yang Anda butuhkan untuk menambahkan featured image support dan menampilkan featured image di tema. Untuk mengatur ukuran gambar untuk featured image yang Anda upload, Anda butuh tambahkan garis kode berikut ke dalam file function.php.

1 set_post_thumbnail_size( 50, 50);

Parameter untuk set_post_thumbnail_size mengikuti ukuran : lebar, tinggi.

Anda bisa juga atur ukuran gambar tambahan untuk digunakan dengan fungsi the_post_thumbnail(). Misalnya:

1

2

// Image size for single posts

add_image_size( ‘single-post-thumbnail’, 590, 180 );

Di contoh berikut kita menambahkan satu ukuran gambar baru yang disebut dengan single-post-thumbnail dengan lebar 590 px dan tinggi 180 px.

Untuk menggunakan gambar ini di tema, kita masih perlu menambahkannya di file tema yang tepat.

Bila Anda punya featured image yang sebelumnya telah di-upload, tapi masih terlihat di ukuran lain, Anda perlu regenerate thumbnails dan ukuran gambar untuk postingan lama.

Berikut ini adalah contoh fungsi featured image dengan ukuran gambar spesifik.

1 <?php the_post_thumbnail( ‘single-post-thumbnail’ ); ?>

Ini merupakan versi pecahan dari fungsi yang penuh. Anda bisa perluas fungsionalitas dari featured image. Misalnya Anda bisa atur tampilan featured image dengan caption, atau bahkan menambahkan banyak featured image.

Tinggalkan komentar