Tutorial Menciptakan Landing Page Dengan WordPress

Anda ingin menciptakan landing page custom di situs WordPress? Landing page membantu bisnis mengubah pengunjung website menjadi pelanggan dan leads. Kali ini, kita akan mencari tahu bagaimana cara mudah menciptakan landing page di WordPress.

Apa yang dimaksud landing page?

Photo credit: Google

Landing page adalah halaman yang didesain untuk meningkatkan penjualan dan mengalirkan leads dari sebuah bisnis. digunakan dalam marketing berbayar, email dan kampanye media sosial. Pengguna datang dari sumber ini akan mendarat di halaman pertama ini, yang kenapa disebut landing page.

Apa perbedaan antara homepage dan landing page?

Photo credit: Google

Homepage adalah halaman depan website, yang pengguna lihat ketika mereka memasukkan nama domain di browser. Sebaliknya, landing page bisa berupa halaman tersendiri dimana kebanyakan pelanggan akan mendarat dari sumber berbayar atau traffic pihak ketiga.

Homepage didesain agar pengunjung bisa mengenal website, mengeksplorasi halaman lain, mencari produk, atau sign up. Homepage punya lebih banyak link dan memberi pengguna lebih banyak pilihan.

Sebaliknya, landing page dibuat untuk tujuan konversi. Landing page punya lebih sedikit link dan didesain untuk pengguna melakukan keputusan pembelian atau memberi mereka informasi untuk langkah selanjutnya.

Biasanya, website hanya punya satu homepage, tapi Anda bisa ciptakan landing page sebanyak mungkin untuk jenis kampanye berbeda. Misalnya:

  • Landing page untuk kampanye iklan berbayar
  • Pengunjung berasal dari sumber traffic tertentu seperti daftar email, media sosial, dan banyak lagi
  • Pengguna mendarat di halaman produk atau layanan spesifik
  • Dan banyak lagi.

Mari kita lihat bagaimana menciptakan halaman landing page yang cantik di WordPress. Akan ada dua solusi, dan Anda bisa pilih salah satu yang paling tepat untuk Anda.

Menciptakan landing page di WordPress menggunakan Beaver Builder

Beaver Builder merupakan salah satu plugin landing page WordPress terbaik. Beaver Builder membuat Anda dengan mudah menciptakan landing page menggunakan template yang telah siap yang Anda bisa modifikasi dengan tool drag and drop.

Pertama, Anda perlu instal dan aktifkan plugin Beaver Builder.

Saat aktivasi, Anda perlu kunjungi halaman Settings » Beaver Builder untuk konfigurasi pengaturan plugin.

Photo credit: Google

Di bawah tab License

Di bawah tab License, klik tombol “Enter License Key” untuk menambahkan kunci lisensi Anda. Anda bisa menemukan informasi ini di bawah akun Anda di website Beaver Builder.

Selanjutnya Anda perlu menuju halaman Pages » Add New untuk menciptakan landing page pertama. Banyak tema WordPress sekarang menyertakan page atau template builder. Template ini didesain untuk bekerja sama dengan halaman plugin builder.

Bila tema tidak punya template semacam ini, maka Anda bisa membuatnya sendiri.

Page Attributes

Pilih page atau template builder dari kotak ‘Page Attributes’ di  kolom kanan dan sekarang simpan halaman Anda untuk menerapkan perubahan.

Photo credit: Google

Sekarang Anda siap untuk membuat landing page. Klik tab Beaver Builder di atas post editor untuk meluncurkan builder interface.

Photo credit: Google

Beaver Builder akan terbuka dengan template halaman yang sudah ada. Anda perlu klik tombol add di sudut kanan atas layar dan mengganti ke tab template.

Photo credit: Google

Beaver Builder punya beberapa template yang sudah siap. Pilih ‘Landing Pages’ dari menu drop-down dan lalu pilih template yang terlihat sesuai dengan keinginan Anda.

Jendela preview

Setelah Anda memilih template, Beaver Builder akan memunculkannya di jendela preview.

Photo credit: Google

Sekarang Anda bisa memilih dan mengklik item untuk diedit. Anda bisa ubah teks, mengubah warna atau gambar background, menyesuaikan tinggi dan luas kolom serta baris.

Anda bisa tambahkan atau hilangkan item konten dari template. Cukup klik tombol add dan ganti ke row tab. Anda bisa juga tambahkan satu atau banyak kolom.

Photo credit: Google

Modules tab

Setelah menambahkan baris, beralih ke modules tab. Modules adalah elemen konten yang Anda bisa tambakan ke landing page. Beaver Builder punya semua module penting termasuk teks, heading, tombol, video, audio, dan banyak lagi.

Photo credit: Google

Setelah puas dengan desainnya, Anda bisa klik tombol “Done” pada bagian atas dan lalu menyimpan atau menerbitkan halaman Anda.

Photo credit: Google

Sekarang Anda bisa mengunjungi halaman untuk melihat landing page Anda beraksi. Anda masih bisa mengeditnya bila merasa membutuhkan penyesuaian, penambahan, atau ada yang perlu dikurangi.

Photo credit: Google

Menciptakan landing page di WordPress menggunakan Leadpages

Leadpages adalah cara mudah untuk menggunakan platform untuk menciptakan landing page cantik dan menambahkannya ke situs WordPress Anda.

Tidak seperti Beaver Builder, LeadPages adalah landing page builder mandiri, maksudnya Anda bisa gunakan dengan atau tanpa situs WordPress.

Sign up akun LeadPages

Pertama, Anda perlu kunjungi website LeadPages dan sign up akun. Setelah itu Anda akan melihat dashboard Leadpages dimana Anda perlu klik tombol ‘Create new Leadpage’. Di layar selanjutnya, Anda akan diminta memilih template. Leadpages punya banyak desain template yang cantik yang tertata rapi menjadi kategori berbeda.

Photo credit: Google

Klik template dan preview. Anda perlu memilih template yang terlihat mirip dengan yang Anda mau dan klik pada tombol ‘Use this template’ lalu lanjutkan.

Photo credit: Google

Ini akan meluncurkan Leadpages builder interface. di Interface drag and drop ini Anda bisa klik item untuk mengeditnya.

Photo credit: Google

Anda bisa mengganti gambar, teks, gambar background dan banyak lagi. Anda bisa juga tambahkan widget baru di kolom kiri.

Anda bisa sesuaikan bagian berbeda dari landing page Anda dengan klik tab layout page. Anda bisa menambahkan bagian baru atau menghilangkannya.

Photo credit: Google

Setelah selesai mengedit landing page, Anda bisa klik tombol publish untuk membuatnya live.

Download plugin Leadpages WordPress

Setelah itu Anda perlu klik tombol ‘Publish Options’ dan beralih ke tab ‘Other publishing options’. Dari sini Anda bisa download plugin Leadpages WordPress.

Photo credit: Google

Selanjutnya, Anda perlu beralih ke situs WordPress untuk menginstal dan aktifkan plugin.

Untuk aktivasi, Anda perlu kunjungi menu Leadpages di admin area WordPress untuk login dengan akun Leadpages Anda.

Setelah login, masuk ke halaman Leadpages » Add New. Anda bisa melihat landing page Anda terdaftar di sana dengan beberapa pilihan.

Photo credit: Google

Anda bisa menerbitkan halaman ini sebagai landing page normal, homepage, atau 404 error page. Anda bisa juga memilih slug URL untuk landing page Anda.

Anda kemudian bisa klik tombol publish. Leadpages sekarang akan muncul pada halaman situs WordPress Anda.

Anda sekarang bisa kunjungi halaman ini di website untuk melihatnya. Anda bisa lakukan perubahan yang Anda butuhkan pada leadpages website dan perubahan ini akan muncul di situs Anda.

Tinggalkan komentar