fbpx

Plugin WordPress Terbaik Untuk Podcaster

Podcast merupakan file audio dan pengguna bisa berlangganan untuk mendownload dan mendengarkannya. Agar podcast bisa berhasil, Anda perlu punya file audio dan RSS Feed untuk pengguna bisa berlangganan agar terus update dan mendownload episode baru podcast Anda.

Karena WordPress memiliki sistem RSS feed built-in untuk blog, banyak podcaster memilih menggunakan WordPress sebagai platform website podcast mereka. Anda bisa hubungkan website podcast dengan aplikasi podcasting seperti iTunes untuk membuat lebih mudah pengguna mendengarkan dan berlangganan.

Apa Anda sedang mencari plugin WordPress terbaik untuk podcaster? Sebagai platform blogging terbaik, WordPress memiliki banyak plugin untuk podcasting. Di artikel kali ini kami tunjukkan beberapa plugin podcasting WordPress terbaik.

Bagaimana cara memulai podcasting dengan WordPress?

Photo credit: Google

Seperti telah disebutkan di atas, WordPress sangat populer diantara podcaster tingkat atas. Ini karena WordPress mudah digunakan dan sangat fleksibel, memiliki banyak template dan ada ribuah plugin WordPress.

Bila Anda ingin memulai podcast, maka yang pertama Anda butuhkan adalah nama domain dan hosting WordPress.

Selanjutnya coba lihat pilihan plugin terbaik untuk podcaster berikut ini:

PowerPress

Photo credit: Google

PowerPress merupakan plugin podcasting WordPress yang membantu Anda mengatur file podcast di WordPress.

Plugin ini bisa menciptakan iTunes dan Google Play yang didukung oleh RSS feed untuk podcast Anda. PowerPress juga memiliki interface yang mudah, dimana Anda bisa tambahkan semua informasi yang dibutuhkan untuk mengirim podcast ke iTunes.

Menambahkan episode podcast ke situs WordPress mudah dengan HTML5 player. PowerPress juga termasuk tool subscribe yang terintegrasi untuk meningkatkan pelanggan podcast Anda. Yang paling penting, ada support komunitas dari ribuan podcaster yang telah menggunakannya.

Smart Podcast Player

Photo credit: Google

Smart Podcast Player menawarkan pengalaman mendengarkan yang didesain cantik untuk pendengar podcast Anda.

Tidak seperti plugin podcast lain, plugin ini menawarkan pengalaman pengguna yang lebih baik, dengan desain HTML5 player yang cantik. Anda bisa tambahkan mega player untuk semua episode atau tambahkan satu player saja.

Tampilan dan hasilnya bagus di semua perangkat (mobile, tablet, dan desktop). Anda bisa pilih warna sendiri dengan tema terang atau gelap. Smart Podcast Player memiliki fitur social sharing, tombol download, kontrol kecepatan, timestamp, dan banyak lagi.

Seriously Simple Podcasting

Photo credit: Google

Banyak pemula hanya ingin memulai podcast tanpa membeli hosting podcast atau media player. Seriously Simple Podcast player bisa membantu Anda. Anda bisa mengatur dan mengupload episode podcast langsung ke situs WordPress.

Plugin ini menghasilkan podcast feed yang kompatibel dengan iTunes, Google Play, dan banyak layanan lainnya. Plugin ini juga dilengkapi kode pendek dan widget agar bisa dengan mudah menampilkan episode podcast melalui website.

Podlove Podcast Publisher

Photo credit: Google

Podlove Podcast Publisher dibuat oleh Podlove, sebuah komunitas online yang ingin meningkatkan standar podcasting. Tujuan plugin ini untuk menawarkan solusi masalah podcasting yang tidak diperbaiki oleh platform lain.

Podlove Podcast Publisher mempermudah Anda mengatur podcast dari situs WordPress. Podlove menawarkan podcast feed yang sangat kompatibel dengan kontrol pada feed Anda. Plugin ini menawarkan feed dengan multi format, mendukung codec audio dan video berbeda, template yang fleksibel, dan banyak lagi.

Yang paling menarik adalah Anda bisa jadi bagian dari komunitas yang aktif ini. Mereka memiliki forum sendiri dimana Anda bisa mengajukan pertanyaan dan mendapat bantuan dari pengembang dan pengguna lain.

Simple Podcast Press

Photo credit: Google

Simple Podcast Press membantu Anda mempercantik tampilan episode podcast di WordPress. Plugin ini berfungsi baik pada semua layanan hosting podcast populer. Anda hanya perlu tambahkan podcast URL feed iTunes dan secara otomatis dengan cantik mengambil episode dan menampilkannya di HTML5 player.

Simple Podcast Press membantu Anda menampilkan satu episode dengan timestamp sehingga Anda bisa biarkan pengguna melompat ke topik penting di sebuah episode. Plugin ini juga memiliki fitur social sharing built-in, termasuk klik ke tweet quote box.

Libsyn Podcasting Plugin

Photo credit: Google

Libsyn merupakan layanan hosting podcast populer dan plugin ini membantu menghubungkan situs WordPress Anda ke akun Libsyn. Plugin ini juga membantu Anda mudah menciptakan episode, menyimpan di dalam draft, dan menjadwalkannya di WordPress.

Anda bisa secara langsung mengupload file podcast ke Libsyn dari WordPress, yang berarti media podcast Anda tidak akan memakan tempat di server hosting WordPress. Anda bisa juga tambahkan file dari media library WordPress.

Semua media Anda dan podcast feed akan tetap berada di server Libsyn. Meski bila website Anda bermasalah, pelanggan podcast Anda tetap bisa men-download episode langsung ke aplikasi podcast dan feed pembaca.

Featured Podcast Widget

Photo credit: Google

Featured Podcast Widget membantu Anda menampilkan episode podcast di sidebar WordPress. Ini merupakan plugin addon untuk PowerPress, jadi Anda hanya bisa menggunakannya bila Anda menggunakan PowerPress dari Blubrry.

Setelah aktivasi Anda perlu kunjungi halaman Appearance » Widgets dan tambahkan widget “Featured Podcast” di sidebar WordPress. Anda bisa tampilkan episode terbaru, memilih kategori, atau secara manual memasukkan ID episode yang ingin Anda tampilkan. Featured Podcast Widget akan menggunakan featured image pada postingan dan excerpt dengan default PowerPress media player untuk memutar episode podcast.

As Heard On

Photo credit: Google

As Heard On membantu Anda menampilkan podcast berbeda. Anda bisa  menampilkan podcaster lain di situs. Plugin ini dengan mudah bisa menambahkan podcast yang Anda ingin tunjukkan. Anda bisa tambahkan nama podcast, nama host, thumbnail, episode URL, deskripsi, dan sebagainya.

Anda harus temukan album art untuk podcast yang Anda ingin tampilkan dan mengupload gambar secara manual. Setelah Anda menambahkan beberapa podcast, Anda bisa menampilkannya di sidebar widget, postingan blog, atau halaman di situs Anda.

Sedangkan plugin berikut tidak spesifik untuk podcasting, tapi akan bermanfaat untuk para podcaster yang menggunakan WordPress:

MonsterInsights

Photo credit: Google

Ingin tahu bagaimana orang menemukan website podcast Anda? MonsterInsights jadi plugin Google Analytic terbaik untuk pengguna WordPress. Plugin ini membantu Anda menemukan dari mana pengguna berasal, apa yang mereka lakukan, dan berapa banyak waktu yang mereka habiskan di website Anda.

MonsterInsights juga dilengkapi fitur link tracking yang bisa membantu Anda menemukan episode mana yang paling banyak di-download. MonsterInsights juga dilengkapi addon untuk optimasi Google yang jadi tool untuk membantu Anda melakukan eksperimen konten seperti menguji untuk mengetahui apa yang paling tepat untuk website Anda.

WPForms

Photo credit: Google

Interaksi pengguna membantu Anda mengkonversi lebih banyak pengunjung dan membangun komunitas yang lebih kuat. WPForms adalah plugin contact form builder terbaik WordPress, yang membantu Anda menciptakan formulir cantik untuk website tanpa menuliskan kode apapun.

Anda bisa menggunakannya untuk menambahkan formulir kontak, membangun formulir survey, menerima pembayaran, menciptakan formulir langganan email, dan banyak lagi. Karena mudah penggunaannya dan fiturnya menarik,  WPForms jadi toolkit yang wajib dimiliki para podcaster.

Tinggalkan komentar