fbpx

Mengatasi Masalah WordPres Tidak Mengirim Email

Salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah bagaimana memperbaiki masalah WordPress tidak mengirim email. Banyak pemula bertanya kenapa plugin contact form mereka tidak mengirimkan email, atau kenapa mereka tidak melihat notifikasi WordPress apapun. 

Di artikel ini, kita akan mengetahui cara memperbaiki masalah WordPress tidak mengirim email.

Kenapa Anda tidak mendapat email dari situs WordPress?

Alasan paling umum untuk ini adalah server hosting WordPress Anda tidak dikonfigurasi untuk menggunakan fungsi PHP mail.

Meski bila mereka akan memfungsikannya, banyak penyedia layanan email menggunakan berbagai tool untuk mengurangi email spam. 

Photo credit: Google

Di kasus seperti ini, email tidak sampai ketika dikirim keluar dari situs WordPress, bahkan tidak pernah sampai ke folder spam. Ini kenapa sebaiknya Anda tidak menggunakan WordPress untuk mengirim email newsletter.

Ini juga yang jadi alasan kenapa sebaiknya Anda menggunakan SMTP untuk mengirim email di WordPress. SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) merupakan standar industri untuk mengirim email. Tidak seperti fungsi PHP mail, SMTP menggunakan otentikasi yang tepat yang meningkatkan keterkiriman email.

Ada banyak layanan SMTP yang tersedia, tapi di artikel ini, kita hanya mempelajari dua yang direkomendasikan yaitu, MailGun dan Gmail.

Mengirim email WordPress menggunakan Mailgun

Mailgun adalah penyedia layanan email yang populer. Layanan ini membantu pemilik website mengirim banyak email dengan tingkat keterkiriman tinggi.

Layanan ini mengeluarkan banyak uang dan waktu untuk memastikan email menjangkau tujuan.

Meskipun Mailgun merupakan layanan berbayar, ia menawarkan 10.000 email pertama gratis setiap bulan. Ini lebih dari cukup untuk mereka yang baru saja memulai blog atau website.

Pengaturan situs WordPress dengan mailgun

Berikut ini bagaimana pengaturan situs WordPress menggunakan mailgun untuk mengirim email.

Pertama, Anda perlu signup pada website Mailgun. Setelah sign up, Anda perlu klik pada tombol Add your domain.

Photo credit: Google

Sekarang Anda akan melihat halaman add domain. Di sini Anda perlu menambahkan subdomain di nama domain website WordPress Anda. Misalnya, mail1.yourdomain.com.

Anda bisa menciptakan subdomain baru pada nama domain yang ada dengan mengikuti instruksi di bawah ini.

Menggunakan dashboard cPanel

Pertama, Anda perlu mengunjungi dashboard cPanel di akun hosting Anda. Selanjutnya, klik pada ikon subdomain di bawah bagian domain.

Photo credit: Google

Di halaman selanjutnya, Anda perlu masukkan subdomain dan kemudian pilih root domain dari menu dropdown.

Photo credit: Google

Setelah itu klik pada tombol create, dan Anda akan menerima pesan sukses yang subdomainnya telah Anda ciptakan.

Sekarang Anda bisa menambahkan subdomain ini pada halaman domain iklan Mailgun. Setelah menambahkan domain, Mailgun akan menunjukkan beberapa DNS records.

Photo credit: Google

Kembali ke dashboard cPanel dan lalu klik pada ‘Advanced DNS Zone Editor’.

Photo credit: Google

Memilih nama domain

Anda akan diminta memilih domain dimana Anda ingin mengubah DNS records. Setelah Anda memilih nama root domain, Anda akan melihat pilihan untuk menambahkan DNS records baru.

Photo credit: Google

TXT entry pertama adalah subdomain Anda. Anda perlu mulai dengan memasukkan subdomain di nama field dan lalu memilih TXT sebagai jenis record. Setelah itu Anda perlu tambahkan 14400 di field TTL dan salin nilai yang muncul di halaman pengaturan verifikasi domain Mailgun ke field TXT Data. Ulang prosesnya untuk menambahkan TXT record lainnya. 

Klik ikon MX Entry

Setelah selesai, beralih ke dashboard cPanel dan klik pada ikon MX Entry. Anda akan diminta memilih root domain, lalu gulang ke bawah halaman. Di sana Anda akan melihat pilihan untuk menambahkan MX Entry baru.

Photo credit: Google

Masukkan nilai prioritas dan tujuan lalu klik pada tombol create new record.

Anda telah berhasil menambahkan domain ke Mailgun. Akan butuh verifikasi kalau domain telah memiliki DNS records yang tepat. Ini bisa memakan waktu karena DNS records bisa butuh waktu untuk mengupdate.

Cek status verifikasi

Anda bisa mengecek status verifikasi domain dengan mengunjungi halaman Domain di akun Mailgun.

Mailgun akan menunjukkan status aktif di sebelah nama domain setelah mendapat verifikasi perubahan DNS yang Anda buat.

Photo credit: Google

Setelah domain aktif, Anda bisa mengatur situs WordPress untuk mulai menggunakan Mailgun untuk mengirim email.

Hal pertama yang Anda perlu lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin WP Mail SMTP.

Setelah aktivasi, Anda perlu mengunjungi Setting>>WP Mail SMTP untuk konfigurasi pengaturan plugin. Pertama Anda perlu menyediakan alamat email pengirim dan nama yang Anda ingin gunakan untuk pengirim.

Photo credit: Google

Selanjutnya, Anda perlu memilih Mailgun sebagai mailer Anda dan centang kotak untuk mengatur dan mencocokkan dari alamat email.

Terakhir, Anda perlu sediakan kunci API Mailgun dan subdomain mailgun. Klik pada link dibawah tiap bidang untuk mendapat informasi ini dari akun Mailgun Anda.

Photo credit: Google

Jangan lupa untuk klik pada tombol setting untuk menyimpan perubahan Anda.

Itu saja, sekarang Anda telah berhasil mengatur situs WordPress untuk mengirim email menggunakan Mailgun. 

Photo credit: Google

Sekarang Anda bisa klik pada tab Email Test pada plugin pengaturan halaman untuk mengirim email tes dan melihat apakah semua berhasil dengan baik.

Mengirim email WordPress menggunakan server Gmail SMTP

Alternatif lain adalah mengirim email WordPress menggunakan server Gmail SMTP. Anda bisa gunakan akun Gmail reguler dengan metode ini untuk mengirim email. Tapi, keterkiriman email akan jauh lebih baik bila Anda menggunakan Google Apps for Work dengan alamat email custom.

Baik ketika Anda menggunakan alamat Gmail berbayar atau gratis, instruksinya adalah sama.

Pertama Anda perlu menginstal dan mengaktifkan plugin WP Mail SMTP. 

Setelah aktivasi, Anda perlu kunjungi halaman Settings>>WP Mail SMTP untuk konfigurasi pengaturan plugin. 

Pertama Anda perlu sediakan alamat gmail di Form Email dan nama yang Anda ingin tampilkan sebagai pengirim.

Selanjutnya, Anda perlu menggulung ke pilihan mailer. Ada dua cara Anda bisa gunakan server Gmail untuk mengirim email WordPress.

Photo credit: Google

Pertama, metode menggunakan Gmail API untuk mengirim email. Metode ini direkomendasikan karena lebih aman dan bisa dipercaya. Metode kedua adalah menggunakan server SMTP akun Gmail secara manual. Sebaiknya Anda menggunakan metode pertama.

Tinggalkan komentar