fbpx

Cara Terbaik Mengatur Password Untuk Pemula di WordPress

Pernahkah Anda merasa kewalahan dengan sejumlah username dan password berbeda yang perlu Anda ingat? Anda mungkin ingin tahu cara terbaik untuk mengatur password untuk pengguna WordPress.

Kali ini kita akan mengetahui bagaimana para profesional mengatur password mereka dengan membagikan 3 tool manajemen password terbaik yang perlu segera Anda gunakan.

Kenapa Anda perlu menggunakan password manager?

Photo credit: Google

Kebanyakan orang menggunakan beberapa cara paling mudah untuk mengingat password selama bertahun-tahun tanpa menghadapi masalah. Ini tidak aman.

Seperti yang telah dibuktikan oleh sejumlah hack di berbagai website, bila pengguna jahat mendapat akses ke semua informasi situs, maka mereka bisa menyebabkan kerusakan yang serius. Ini tidak hanya jadi cerita horor yang membuat takut pengguna, tapi ini memang benar dan terjadi setiap hari pada ratusan orang di seluruh dunia.

Itu sebabnya para ahli dan profesional keamanan merekomendasikan pengguna untuk menggunakan password yang kuat dan unik.

Sekarang Anda mungkin ingin tahu bagaimana Anda bisa mengingat semua password ketika ada begitu banyak password berbeda, seperti akun email, web hosting, akun media sosial, admin area WordPress, dan sebagainya.

Itu sebabnya Anda membutuhkan password manager.

Password manager menyimpan semua password dan membantu Anda mengaturnya menggunakan satu master password. Ini juga membantu Anda menghasilkan password yang kuat ketika Anda menciptakan akun baru dan lalu menyimpannya di cloud.

Bagian terbaik dari password manager adalah memiliki auto-fill functionality. Dengan cara ini Anda tidak perlu mengingat atau memasukkan apapun ke situs yang Anda sudah memiliki akun di dalamnya.

Anda bisa gunakan password manager di semua perangkat, dan bisa dengan mudah mengimpor password yang tersimpan di browser Anda.

Berikut ini daftar aplikasi manajemen password terbaik yang ada di pasaran.

LastPass

Photo credit: Google

LastPass tersedia dalam versi gratis dan premium. LastPass bisa digunakan pada perangkat Windows, Mac, Linux, iPad, iPhone, Android, Windows Phone, dan Blackberry. Ini berarti apapun perangkat yang Anda gunakan, LastPass akan membantu Anda dengan mudah mensinkronkan semua password.

LastPass menggunakan password master untuk mengatur semua password yang membuat password ini sebagai kunci untuk semua akun online Anda.

LastPass membantu Anda menggunakan otentikasi multi faktor dengan Toopher, Duo Security, Transakt, Yubi Key, serta Google Authenticator.

Ini berarti seseorang harus tahu password Anda dan punya akses ke kode keamanan yang dihasilkan acak untuk memasukkan password vault Anda.

Jika karena alasan tertentu Anda harus berbagi password dengan orang lain seperti asisten atau pengembang web, maka LastPast akan membantu Anda melakukan ini dengan aman. Pihak lain akan perlu menginstal LastPass di browser mereka untuk menggunakan password yang sama.

Fungsionalitas password sharing pada LastPast bagus karena asisten Anda tidak pernah melihat password Anda, jadi mereka tidak bisa mengubah password. Mereka hanya login dan melakukan tugas yang mereka perlu lakukan.

1Password

Photo credit: Google

1Password merupakan password manager populer lainnya. 1Password bisa digunakan lintas platform dan tersedia untuk perangkat mobile juga. 1Password tidak menyediakan versi gratis tapi tersedia versi trial selama 30 hari.

1Password juga merupakan password manager yang paling mahal di daftar ini. Anda perlu membeli lisensi untuk tiap perangkat dimana Anda menginstal aplikasi ini.

Kebanyakan pengguna Apple menyukainya karena user interface yang intuitif yang membuat pengguna baru lebih mudah untuk familiar dengan aplikasi lebih cepat.

Satu fitur yang tidak ditemukan pada 1Password adalah multi-factor atau biometric authentication. Ini merupakan salah satu fitur yang paling banyak ditanyakan, dan ada kemungkinan akan tersedia di versi mendatang.

Seperti aplikasi manajemen password yang bagus lainnya, 1Password membantu menghasilkan dan mengisi bagian password jadi sangat mudah kapanpun Anda menciptakan akun baru. Aplikasi ini juga secara otomatis mengisi formulir untuk Anda.

Berbagi password dengan teman, keluarga, dan rekan kerja tidak semudah pada LastPass. Kenapa? Karena 1Password tidak memiliki cloud sendiri. Anda perlu menyimpan shared vault di folder shared Dropbox untuk bisa diakses oleh orang lain. Selain itu, orang lain juga harus menginstal 1Password di perangkat mereka.

Dashlane

Photo credit: Google

Dashlane masuk kategori aplikasi manajemen password terbaik. Seperti aplikasi lain pada daftar ini, Dashlane juga tersedia untuk semua platform, desktop dan mobile.

Aplikasi ini gratis, dengan beberapa fitur tersedia hanya untuk pengguna premium. Versi premium mencakup backup tanpa batas dan tanpa batasan perangkat.

Dashlane membantu Anda menghasilkan password yang kuat ketika Anda mengisi formulir online. Aplikasi ini mengenkripsi dan menyimpan password dan otomatis mengisi password untuk Anda.

Dashlane juga membantu Anda membagikan password dengan teman dan rekan kerja.

Versi gratis dari Dashlane tidak membantu Anda mensinkronkan password di semua perangkat, akses password pada website, atau menyimpan backup.

Kesimpulan

Photo credit: Google

LastPass adalah yang solusi paling mudah, aman dan efisien dari segi harga untuk aplikasi manajemen password. Khususnya bila Anda menjalankan bisnis online, maka Anda akan membutuhkan fitur keamanan seperti lastPass.

Anda bisa mengatur dua langkah otentikasi, dan mematikan sinkronisasi cloud. Anda bisa jalankan versi yang gratis dengan waktu tanpa batas di semua perangkat yang berfungsi dengan baik pada semuanya.

Sebagai pemilik website, password adalh pertahanan keamanan paling penting untuk melawan hacker, jadi tidak ada kompromi untuk menggunakan password yang unik dan kuat untuk tiap akun.

Bila Anda menjalankan situs dengan banyak pengguna maka Anda perlu gunakan password yang kuat dan bahkan mereset password untuk semua pengguna. Anda bisa batasi jumlah usaha login yang dilakukan pengguna.

Semoga artikel ini bermanfaat dalam membantu Anda mengetahui bagaimana mengatur password dengan lebih efisien dan aman.

Tinggalkan komentar