fbpx

Cara Tepat untuk Pindah dari Medium ke WordPress

Anda ingin memindahkan blog Medium ke WordPress? Meski Medium merupakan platform blogging yang bagus, fleksibilitasnya tidak sama dengan WordPress. Di artikel kali ini kita akan mengetahui cara tepat memindahkan blog dari Medium ke WordPress tanpa kehilangan konten yang sudah ada.

Kenapa Anda perlu berpindah dari Medium ke WordPress?

Photo credit: Google

WordPress merupakan platform blogging paling populer di dunia. WordPress mendukung lebih dari 32 persen website di internet.

WordPress sangat mudah digunakan, dan mudah juga pengaturannya.

Sebuah keputusan tepat bila Anda memutuskan untuk berpindah dari Medium ke WordPress. Berikut ini langkah panduan untuk membantu Anda memindahkan semua konten dari Medium ke WordPress.

Menginstal dan mengatur WordPress

Untuk mulai menggunakan WordPress, Anda perlu memiliki dua hal:

  • Akun web hosting. Ini adalah tempat dimana semua file website disimpan
  • Nama domain. Ini adalah alamat website di internet dan yang pengguna akan ketik di browser untuk menuju website Anda.

Setelah siap dengan domain dan hosting, langkah selanjutnya adalah menginstal WordPress. Kebanyakan perusahaan hosting WordPress menawarkan pilihan instal satu kali klik yang bisa langsung Anda gunakan untuk menginstal WordPress.

Setelah selesai menginstal WordPress, Anda siap untuk ke langkah selanjutnya yaitu memindahkan konten dari Medium.

Memindahkan data dari Medium

Sebelumnya cukup sulit untuk memindahkan data dari Medium di format WordPress. Tapi kini ada tool Medium to WordPress importer.

Ini merupakan tool online gratis untuk memindahkan konten dari Medium dan mengubahnya menjadi file export kompatibel WordPress.

Tool ini tidak akan membuat perubahan apapun pada konten Medium yang ada, jadi sangat aman digunakan.

Anda bisa menuju website Medium to WordPress Importer dan masukkan URL blog Medium.

Photo credit: Google

Sekarang bila URL blog Medium Anda menggunakan nama domain custom dan memiliki URL seperti http://contoh.com or https://contoh.example.com, maka masukkan URL dengan nama dan alamat email Anda.

Sebaliknya, bila Anda tidak memiliki nama domain custom, maka Medium to WordPress Importer akan meminta Anda mengupload file export Medium.

Photo credit: Google

Berikut ini bagaimana Anda bisa mendapat file export tersebut dari Medium.

Pertama, Anda perlu login ke akun Medium dan klik foto profil pada sudut kanan atas layar. Ini akan membawa Anda ke menu. Dari sini Anda bisa klik pada link Setting.

Photo credit: Google

Ini akan membawa Anda ke pengaturan halaman dimana Anda perlu menggulung ke bawah ke bagian Download Your Information. Klik pada tombol Download zip untuk mengeksport data Medium Anda.

Photo credit: Google

Di halaman selanjutnya, Anda perlu klik pada tombol export. Medium nanti akan menyiapkan download Anda dan mengirim link ke email Anda.

Anda perlu mengecek email untuk melihat apakah Anda menerima email dari Medium. Anda perlu ikuti link di email untuk mendownload file export Medium.

Photo credit: Google

Setelah Anda mendownload file export Medium, Anda bisa berganti ke tool Medium to WordPress importer dan mengupload file itu.

Lalu klik pada tombol Export My Medium Website untuk melanjutkan.

Medium to WordPress Importer sekarang akan mengekspor file. Setelah selesai, akan muncul pesan berhasil dengan tombol untuk mendownload file WordPress ready Medium export.

Photo credit: Google

Anda bisa mendownload file export ini ke komputer. Anda akan membutuhkan file tersebut di tahap selanjutnya.

Mengimpor artikel Medium ke WordPress

Sekarang Anda telah berhasil mengekspor konten Medium ke format WordPress, waktunya untuk mengimpor konten ke blog WordPress yang baru.

Kunjungi admin area WordPress di website dan masuk ke halaman Tools >> Import.

Photo credit: Google

Anda akan melihat daftar importer yang tersedia untuk platform berbeda. Anda perlu menggulung ke bawah ke WordPress dan lalu klik pada link Instal Now.

WordPress sekarang akan mengambil plugin importer dan menginstalnya di situs WordPress tanpa mengulang loading halaman. Setelah terinstal, Anda perlu klik pada Run Importer untuk meluncurkannya.

Photo credit: Google

Ini akan membawa Anda ke halaman importer WordPress. Silahkan klik pada tombol Choose file untuk memilih file export.xml yang telah Anda download lebih dulu.

Selanjutnya klik pada tombol Upload file and import untuk melanjutkan.

WordPress Importer sekarang akan mengupload file Medium export dan menganalisanya. Di layar Anda akan diminta menentukan authors.

Photo credit: Google

Anda bisa mengimport author dari website Medium, menciptakan author baru atau menentukan semua konten ke pengguna WordPress yang ada.

Jangan lupa mengecek kotak di sebelah pilihan Donwload and import file attachments. Instruksi ini akan mengambil gambar dari website Medium ke media library WordPress.

Anda sekarang bisa klik pada tombol Submit untuk menjalankan importer.

WordPress sekarang akan mengimpor konten dari file export Medium juga akan mencoba mengambil gambar di artikel Medium

Setelah selesai Anda akan melihat pesan berhasil.

Photo credit: Google

Selamat, Anda telah berhasil mengimpor konten  dari Medium ke WordPress. Anda sekarang bisa ke halaman postingan di admin area WordPress untuk melihat apakah semua konten ada di sana.

Bila proses impor gagal di pertengahan, maka Anda bisa selalu bisa menjalankannya kembali. Importer cukup cerdas untuk mendeteksi konten duplikat dan melewatkannya. Importer hanya mengimpor konten yang tidak berhasil diimpor di tahap sebelumnya.

Mengimpor gambar dari Medium ke WordPress

WordPress importer bisa mencoba mengimpor gambar dari artikel Medium ke media library WordPress. Tapi ini bisa gagal karena tampilan gambar di Medium Anda. Anda perlu masuk ke halaman Media >> Library untuk melihat semua gambar yang telah berhasil diimpor.

Photo credit: Google

Bila beberapa gambar gagal diimport, maka Anda perlu mengimpornya kembali. Pertama, Anda perlu instal dan aktifkan plugin Auto Upload Images.

Setelah aktivasi, Anda perlu mengupdate postingan yang mengandung gambar eksternal. Update ini akan mendorong plugin untuk mengambil dan menyimpan gambar eksternal di artikel.

Anda bisa juga melakukan update ke semua artikel sekaligus untuk bisa dengan cepat mengimpor semua gambar.

Pengaturan redirects

Bila Medium Anda memiliki URL medium.com, maka Anda tidak bisa melakukan redirects. Bila Anda menggunakan domain custom untuk publikasi Medium Anda, maka Anda bisa mengatur redirect custom di WordPress.

Pertama Anda perlu mendapat semua URL artikel Medium dan menyimpannya di file teks. Setelah itu, Anda perlu mulai mengatur redirect untuk semua artikel.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar